Terlalu Banyak duduk dan Kaitannya dengan Penyebab Kematian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kesehatan

Terlalu Banyak duduk dan Kaitannya dengan Penyebab Kematian

IMG_8634
Foto: bitrebels.com

FAJAR.CO.ID – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan American Heart Association (AHA), kebanyakan dari orang dewasa Amerika Serikat menghabiskan kesehariannya dengan aktifitas duduk setidaknya 6 hingga 8 jam setiap harinya, sementara mereka yang berusia diatas 60 tahun keatas menghabiskan 8,6 hingga 9,6 jam dalam sehari.

Berdasarkan bukti terbaru yang ditemukan peneliti AHA, menghabiskan waktu dengan terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko seseorang terkena gangguan sensitifitas insulin, diabetes, penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit penyebab kematian lainnya.

Parahnya lagi, ulasan studi yang dipimpin oleh Deboran Rohm Young, Ph.D. dan timnya ini menyatakan bahwa resiko gangguan kesehatan yang disebutkan di atas ternyata tidak dapat dikurangi hanya dengan aktifitas fisik yang biasa. Menandakan bahwa duduk terlalu lama sangat berbahaya bagi kesehatan, tidak peduli seberapa aktif anda dalam berolahraga.

Young mengatakan bahwa studi mereka saat ini belum sampai pada tahap yang dapat menyarankan beberapa lama seseorang berlama-lama duduk, karenanya mereka menyarankan untuk menghindari terlalu lama duduk dan meningkatkan waktu untuk bergerak aktif.

“Masih banyak riset yang perlu kami lakukan. Pernyataan ini penting karena menjadi momentum penting lahirnya anjuran kebiasaan duduk terhadap kesehatan jantung dan lainnya,” jelas Young seperti dikutip Fajar dari Medical News Today.

“Namun masih terlalu awal untuk membuat rekomendasi akhir selain mendorong orang untuk sedikit duduk dan lebih banyak bergerak,” ujarnya menyarankan.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top