Antisipasi Capres Tunggal di Pilpres 2019, Pemerintah Siapkan Beberapa Opsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Politik

Antisipasi Capres Tunggal di Pilpres 2019, Pemerintah Siapkan Beberapa Opsi

TPS UNIK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Draf Rancangan Undang-Undang tentang Penyelenggaraan Pemilu sudah disusun. Pemerintah, siapkan beberapa opsi tentang sistem pemilu.

Termasuk opsi-opsi, jika kemudian dalam pemilihan presiden, hanya ada satu pasangan calon, atau calon presiden tunggal.

“Draf RUU Penyelenggaraan Pemilu sendiri sudah rampung. Sekarang, dalam proses uji publik untuk menjaring banyak masukan berharga. Selanjutnya, draf tersebut akan dibahas di level kabinet,” ujar  Tjahjo di Jakarta, Jumat, (19/8)

Jika sudah dilakukan uji publik, lanjut Tjahjo, nantinya akan dibahas di rapat terbatas di kabinet. Selanjutnya, segera setelah sepakat di tingkat kabinet, draf tersebut akan diserahkan ke parlemen, untuk kemudian dibahas bersama.

“Targetnya, September ini draf usulan pemerintah sudah bisa diserahkan ke DPR, dan dilakukan pembahasan bersama. Jadi Deadline saya September. Itu yang kami janjikan,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga berharap, Februari tahun depan, pembahasan sudah mengerucut pada hasil kesepakatan bersama dan sudah bisa disahkan.

“Kita akan pastikan sesuai jadwal, sebab, sudah banyak agenda yang mesti disesuaikan. Misalnya, agenda seleksi penyelenggara pemilu,” kata dia.

Saat ditanya, kemungkinan panas dan alotnya pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu, Tjahjo mengatakan, hal itu sudah biasa. Tentu, akan ada perdebatan. Namun itu adalah dinamika yang biasa terjadi.

” Enggak ada masalah, kita kan sudah terbiasa (berdebat),” pungkasnya.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top