Festival Budaya Tua Buton IV Resmi Digelar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Festival Budaya Tua Buton IV Resmi Digelar

Bupati Buton gelar Festival Budaya Tua Buton

FAJAR.CO.ID, PASARWAJO — Rangkaian kegiatan Fsetival Budaya Tua Buton sebagai salah satu event pariwisata nasional, yang diawali dengan Buton Expo resmi digelar. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun Jum’at (19/8). Ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan bersama istri, Iis Elianti dan akan berlangsung hingga malam puncak acara Rabu (24/8) nanti.

Buton Expo merupakan kegiatan tahunan yang selalu dirangkaikan dan dilaksanakan dalam setiap agenda festival budaya Tua Buton. Namun pada tahun keempat kali ini,  Buton Ekspo menampilkan sesuatu yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Setiap stand menampilkan karya terbaik sebagai wujud sukses empat tahun Umar-Bakry memimpin Buton. Sehingga, kemeriahan dan kemegahan begitu nampak terlihat.

Ditambah lagi, pada expo tahun ini, respon positif dan antusias seluruh elemen untuk turut berpartisipasi dalam menyemarakan festival budaya tua Buton sangat tinggi. Bukan hanya lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetapi, perwakilan setiap kecamatan, polri, bank dan pihak lain, juga turut ambil bagian dengan memamerkan karya masing-masing. Sehingga, festival yang telah masuk dalam kalender wisata nasional itu tambah meriah.

“Saya sendiri juga merasakan bahwa pada tahun keempat pelaksanaan festival budaya Tua Buton ini terlihat berbeda. Nuansanya lebih meriah. Saya sangat mengapresiasi semua ini. Apa lagi, momentun event pariwisata nasional ini sekaligus akan dirangkaikan dengan peresmian Gedung Takawa, kantor pemerintahan baru Pemda Buton yang telah kita rintis bersama selama ini,” kata Samsu Umar Abdul Samiun saat wawancara usai mengunjungi seluruh stand ekspo kemarin.

Meski begitu, Buton expo yang dipentaskan tersebut hanyalah sebagian kecil dari kemeriahan festival budaya tua buton 2016. Berbagai acara menarik lainya yang berkaitan dengan tradisi budaya tua Buton akan mulai ditampilkan untuk menghibur seluruh masyarakat. Dimana, tadi malam lomba lagu-lagu daerah Buton dan musik jalanan bernuansa tradisonal telah dipersembahkan.

Kemudian akan dilanjutkan dengan lomba menari khas daerah Buton, gambus, lagu kabhanti, pekande-kandea dan tandaki. Hingga, acara puncak ditutup dengan tarian kolosal 10.000 penari dan hiburan dari band Ibukota Jakarta.

“Masih ada budaya tua Buton yang akan dipentaskan setiap malam hingga malam puncak nanti. Seluruhnya akan disajikan untuk menghibur masyarakat,” sambung Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra itu. (kp)

loading...
Click to comment
To Top