Inilah Tujuh Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Budaya & Pariwisata

Inilah Tujuh Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba

danau-toba1-1

JAKARTA – Karnaval Kemerdakaan Pesona Danau Toba 2016 rupanya menjadi lokomotif bagi pariwisata di Sumatera Utara. Jutaan manusia bakal menengok event yang menjadi puncak peringatan HUT RI ke-71 di level nasional itu melalui media. Event yang leading sector-nya Kemenpar itu menjadi ajang promosi yang sangat efektif bagi destinasi wisata di kawasan tersebut. “Inilah yang sering saya sebut sebagai indirect impact. Atau dampak tidak langsung. Jelasnya, media value yang nilainya lebih besar daripada sekedar orang datang di acara itu,” kata Arief Yahya, Menpar RI di Jakarta.
Dalam sebuah event, selalu indirect impact-nya jauh lebih besar daripada direct impact, seperti jumlah kunjungan wisatawan yang menonton langsung. Tapi itu akan mendorong orang untuk datang ke sana, dan berwisata dalam suasana yang berbeda dengan HUT RI saat ini. “News value-nya itu bisa dihitung nilainya. Dan biasanya komposisinya satu banding dua atau tiga kalinya. Karena itu, media valuenya harus terus diperkuat,” sebut Arief Yahya.
Danau yang merupakan kawah seluas 1.145 kilometer persegi itu akan menjadi perhatian dunia karena terus diekspose oleh ratusan media yang membawa kameranya ke Tano Batak. Namun Anda yang sudah sampai di Danau Toba, silakan berkunjung ke banyak destinasi wisata di sekitar Danau Toba yang juga menakjubkan. ”Jadi banyak pilihan dan semuanya indah,” ujar Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.
Raseno menjelaskan, Danau Toba juga sangat eksotis untuk dinikmati. Kata dia, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang luasnya hampir sama dengan luas negara Singapura. Danau memiliki ukuran yang sangat luas dan dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sedang kalau danau non vulkanik, Danau Toba nomor dua di dunia, setelah Danau Victoria di Afrika. Danau ini juga menjadi salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.
”Danau Toba merupakan salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Pulau Sumatra. Sulit untuk membayangkan pemandangan lain yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatra Utara selain tempat ini, jadi masih banyak, ayo ke Danau Toba,” ajaknya.
Suasana yang sejuk, pemandangan pegunungan hijau yang mempesona ditambah dengan hamparan air biru membuat kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata favorit. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau ini, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyajikan pemandangan alam yang memikat sebagai berikut di sekitar Danau Toba:

1. Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Dengan mengunjungi pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sudut dengan pemandangan yang menyejukan mata. Di pulau ini banyak ditawarkan berbagai paket wisata yang beragam. Mulai paket wisata Danau Toba yang menawan hingga wisata melihat budaya masyarakat Batak yang begitu kental. Hal inilah yang membuat Pulau Samosir menjadi tujuan wisata favorit di Sumatra Utara.

2. Parapat

Lokasi ini merupakan obyek wisata di kawasan Danau Toba yang menyajikan keindahan pemandangan alamnya. Di sepanjang perjalanan dari Danau Toba, kamu bisa menikmati keindahan alam kota Parapat. Selain itu kamu bisa menikmati kebersamaan dengan monyet-monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran di tempat ini. Kamu bisa memberi makan atau sekedar berfoto dengan hewan lucu satu ini.

3. Pulau Sibandang

Tempat wisata di kawasan wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Sibandang. Pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba. Dari pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala penjuru. Untuk menuju pulau ini kamu bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

4. Tongging

Bila kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, maka kamu wajib untuk datang ke desa Tongging bagian utara Danau Toba. Dari desa ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Pemandangan Danau Toba dari tempat ini sangat menakjubkan terlebih didukung dengan suasana alam yang indah serta tiupan angin yang tenang akan membuat kamu rileks. Satu lagi obyek wisata yang bisa kamu jumpai di tempat ini yakni Air terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

5.Bakara

Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan pesan keindahan alamnnya. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dari sudut yang berbeda. Keindahan Danau Toba dan tebing-tebing pegunungan yang menjulang tinggi seakan membuat orang yang mengunjungi tempat ini seakan memaku untuk tinggal di Bakara. Bagi yang gemar memancing, tempat ini juga terdapat beberapa tempat yang cocok untuk memancing ikan.

6. Pantai Lumban Silintong Balige

Bila kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba, cobalah pergi ke Pantai Lumban Silintong Balige dikala senja. Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang menjadi tempat wisata yang berada di Balige Toba Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang lengkap dengan deretan kafe dan rumah makannya.

Di tempat ini kamu bisa menikmati sejuknya air danau sambil berenang. Selain itu kamu bisa menyaksikan kelihaian anak-anak desa ini dalam menyelam. Dengan melemparkan uang koin ke dalam danau, maka dalam sekejap anak-anak tersebut akan mendapatkan koin yang kamu lempar.

7.Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini kamu bisa melihat panorama alam serta air terjun yang cukup indah. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan bus yang disediakan olah pengelola tempat wisata. Tetapi untuk mencapai puncak bukit, kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Masih ada banyak lokasi lain, tetapi setidaknya 7 titik itu sudah memberi gambaran akan indahnya kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top