Dua Pelajar WNI Ditangkap di Turki, Ini Reaksi Menteri Retno – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Dua Pelajar WNI Ditangkap di Turki, Ini Reaksi Menteri Retno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Dua pelajar asal Indonesia (WNI) ditangkap otoritas Turki. Mengatasi hal itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi telah meminta pemerintah pimpinan Racip Tayeb Erdogan itu untuk memperhatikan masalah ini.

“Kami sudah meminta Turki untuk menyikapi itu dengan serius. Karena tak sedikit dari WNI di sana adalah pelajar,” kata Retno kepada wartawan di kantornya, kawasan Jakarta Pusat, Jumat (19/8).

Pemerintah, kata Retno, melakukan segala upaya agar kejadian serupa tidak menimpa mahasiswa lainnya. Dia juga telah memanggil Duta Besar Turki di Indonesia guna meminta perhatian penuh.

“Kemlu sudah panggil dubes di Jakarta dan memintakan perhatian. Banyak pelajar Indonesia yang masih ada di Turki dan meminta perlindungan pemerintah Turki kepada pelajar Indonesia,” kata Retno

Di Turki, Kedutaan Besar RI Ankara juga dikatakan Retno telah melakukan pertemuan baik dengan pihak kepolisian Kota Bursa dan otoritas lain. Pihaknya juga telah mengirimkan satu tim yang ada di Bursa untuk mendapatkan akses kekonsuleran.

Retno menggarisbawahi jika Kemenlu sedang mengusahakan proses proteksi melalui akses kekonsuleran pada dua mahasiswi Indonesia yang ditahan. Terlebih, belum ada penjelasan yang diterima Kemenlu terkait penangkapan ini. Sehingga perlu menurut Menlu, untuk mengedepankan hak hukum kedua WNI.

“Kita ingin hak hukum WNI dihormati oleh otoritas turki,” tandasnya. [sam]

loading...
Click to comment
To Top