Ini Empat Kriteria Menteri Pengganti Arcandra Tahar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Ini Empat Kriteria Menteri Pengganti Arcandra Tahar

80659745214-arcandra-tahar-menteri-esdm-yang-baru

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah Arcandra Tahar dicopot, posisi Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) masih dipegang pelaksana tugas (Plt). Sambil menunggu sosok yang tepat menempati jabatan itu, Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebagai Plt Menteri ESDM.

Menurut Anggota Dewan Energi Nasional Syamsir Abduh, setidaknya ada empat kriteria yang harus dipenuhi sang pengganti Arcandra sebelum menjabat Menteri ESDM.

“Pertama, kriteria menteri yang nanti akan ditunjuk presiden adalah menteri yang mampu mendorong tercapainya visi misi energi kita,” ujarnya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/8).

Yang kedua, kata dia, sekalipun nantinya yang ditunjuk adalah seorang menteri dari kalangan profesional, dia harus mengerti sistem perpolitikan di Indonesia. “Walaupun dia bukan orang politik, tapi dia harus memahami perpolitikan kita ya,” tambahnya.

Ketiga, lanjutnya, Menteri ESDM yang baru harus bisa meyakinkan bahwa setiap urusan yang berhubungan dengan energi, negara harus dihadirkan. Sebab, menurutnya, dalam banyak kasus terkait masalah energi, kahadiran negara malah diabaikan.

Lebih jauh ia menjelaskan, untuk kriteria terakhir, dalam pandangannya menteri yang baru seharusnya memiliki sinergitas dengan kementerian lainnya yang bersentuhan langsung dengan bidang ESDM.

“Kemudian yang terakhir, Menteri ESDM harus mempunyai koordinasi yang baik antara kementerian lain. Misalnya Kementerian Keuangan, Kementrian BUMN dan seterusnya,” tuturnya. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top