Menlu Retno Sebut WNI yang Disandera Berpindah-Pindah Tempat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Menlu Retno Sebut WNI yang Disandera Berpindah-Pindah Tempat

67212537_805044_Retno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memperkirakan lokasi para warga Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf berada di Kepulauan Sulu, Filipina.

Namun demikian, Retno mengaku tak bisa mengetahui lokasi pasti para penyandera dan sandera. Sebab, mereka secara berkala bergerilya untuk menghindari angkatan bersenjata Filipina.

“Lokasi kita tidak bisa mengatakan lokasi ada di mana karena dari waktu ke waktu lokasi berpindah-pindah, tetapi lokasi paling tidak dari info mereka berada di Pulau Sulu,” ujar Retno di kantornya, kawasan Jakarta Pusat, Jumat (19/8).

Dia menjelaskan, pemerintah Indonesia sendiri telah berupaya maksimal menyelamatkan para sandera. Melalui crisis center yang terpusat di Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (kemenkopolhukam) pihaknya bersama jajaran lain berupaya keras melakukan pembebasan.

“Membutuhkan konsentrasi yang tinggi. lokus ada di negara orang lain dan situasi lapangan dinamis,” kata Retno.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah akan fokus mengembalikan satu sandera WNI ABK TB Charles a.n. Muhamad Sofyan yang berhasil membebaskan diri dari kelompok bersenjata, Menlu mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi mempersiapkan kepulangannya ke tanah air.

“Sejak kemarin sandera yang berhasil bebas sudah berada di Zambuanga dan dalam keadaan sehat. Dubes sudah bertemu dengan mereka dan kondisinya sehat. Proses pemulangan sedang dipersiapkan,” demikian Retno. [sam]

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top