Menteri ESDM dari Parpol Rawan Korupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Menteri ESDM dari Parpol Rawan Korupsi

Fahmi Radhi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Fahmi Radhi menentang penunjukan Menteri ESDM yang baru dari kalangan partai politik (parpol).

Menurutnya, kalangan partisan sarat akan kepentingan-kepentingan yang tidak memihak rakyat alias demi keuntungan partai.  Apalagi, kata Fahmi, Kementerian ESDM adalah bidang yang mengelola aliran uang yang banyak dari sumber daya alam di Indonesia.

“Menteri ESDM jangan partisan,” serunya dalam sebuah diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/8).

Selain itu, ia menilai, kalangan partisan akan lebih cenderung melakukan korupsi untuk partainya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dikelola Kementerian ESDM. “Karena nantinya yang dirugikan adalah rakyat,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, mantan anggota tim anti mafia migas ini berharap agar Presiden Joko Widodo menghindari menteri ESDM dari parpol.

“Saya tidak setuju ya kalau Menteri ESDM dari kalangan partisan. Menteri jangan partisan, non partisan ya. Rawan korupsi kalau dari partai,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, setelah Arcandra Tahar dicopot dari jabatan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), kini posisi tersebut dipegang seorang pelaksana tugas (Plt).

Sambil menunggu sosok yang tepat menempati jabatan itu, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Plt Menteri ESDM. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
To Top