Wow, 12 Lapas di Sulut Tahan 508 Napi Pelaku Kekerasan Terhadap Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kriminal

Wow, 12 Lapas di Sulut Tahan 508 Napi Pelaku Kekerasan Terhadap Anak

Kekerasan Seksual Terhadap Anak

FAJAR.CO.ID, MANADO – Kasus  tindak pidana terhadap  anak masih banyak ditemui di provinsi Sulawesi Utara. Pelakunya mencapai 508 narapidana,  yang kini ditahan pada  12 Lapas  yang ada di Sulawesi Utara.

”Kebanyakan kekerasan fisik, seksual, bahkan trafficking yang terjadi pada anak-anak,” ungkap pengamat hukum Putra Akbar Saleh  sebagaimana dikutip Manado Post (Jawa Pos Group), Sabtu (20/8).

Menurutnya, faktor yang mempengaruhi anak-anak menjadi korban, bahkan bisa menjadi pelaku kekerasan terhadap anak juga adalah kurangnya pengawasan dari orang tua.

Sebaliknya, Putra juga mengatakan faktor lain ada pada tingkah laku dari anak tersebut.

“Mereka masih anak-anak. Pemikiran mereka masih perlu dibina dan diberikan arahan dari orang tua. Jangan pula menyalahkan pelakunya,”imbaunya.

Menurutnya,  pemerintah harus lebih tegas  dalam  melakukan penegakan  hukum.”Aturan-aturannya sudah jelas. Pemerintah hanya perlu mempertegas penerapan hukumannya, agar kasus kejahatan Perlindungan Anak tidak makin bertambah,”tambahnya.

Terpisah, Kepala kantor wilayah hukum dan HAM Sudirman D Hury menyampaikan, inilah fungsi dari Kemenkumham. Yakni membentuk hukum berkualitas.

“Kita sebagai penegak hukum harus membentuk hukum berkualitas. Harus melayani sesuai hukum yang ada. Dengan demikian, penerapan hukum akan lebih terarah dan sesuai dengan aturan-aturan yang ada,”jelasnya. (mp/nas/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top