ALAMAK! Paspor Ilegal, 177 Jemaah Haji Indonesia Ditangkap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

ALAMAK! Paspor Ilegal, 177 Jemaah Haji Indonesia Ditangkap

Jemaah Haji

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyesalkan ditangkapnya 177 warga negara Indonesia yang akan menyelenggarakan ibadah haji di Filipina.

Karena itu, mereka akan memanggil pihak yang bisa dimintai pertanggungjawaban terhadap persoalan ini.

“DPR akan memanggil kementrian agama soal travel ini dan juga dirjen imigrasi untuk minta penjelasan soal pemalsuan dokumen imigrasi,” ujar Anggota Komisi VIII DPR Maman Immanulhaq, Minggu (21/8).

Sekedar diketahui, para jemaah tersebut ditahan petugas imigrasi di Bandara Manila, Filipina, sebelum naik ke pesawat menuju Madinah, Arab Saudi pada Jumat (19/8).

Penahanan itu lantaran mereka menggunakan paspor yang diperoleh secara ilegal. Nyatanya, paspor itu disediakan oleh para pendamping yang notabene warga negara Filipina.

Para jemaah asal Indonesia itu diketahui membayar mulai 6.000 – 10.000 dollar AS per orang menggunakan kuota haji yang diberikan Arab Saudi kepada Filipina.

“Sangat memalukan. Bagaimana mungkin ibadah yang sakral dilakukan dengan cara yang melanggar aturan,” kesal Maman.

Dia yakin, sebagian jamaah adalah orang-orang lugu yang ditipu oknum tidak bertanggung jawab. “Pemalsuan pasport dan dokumentasi lain jadi indikasi bahwa mafia travel memainkan peran penting dalam kasus ini,” sebut dia

Karenanya, politikus PKB itu meminta agar para jemaah haji harus lebih teliti dan cermat terhadap oknum travel atau perseorangan yang menawarkan jasa haji atau umroh. Apalagi, dengan janji yang tidak rasional dan spekulatif.

“Kerinduan menunaikan ibadah haji jangan membuat jamaah kehilangan rasionalitas dan kewaspadaan,” pungkas Maman. (dna/JPG/fajr)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top