Hebat! Neymar Cs Raih Medali Emas Olimpiade Rio 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Bola

Hebat! Neymar Cs Raih Medali Emas Olimpiade Rio 2016

Brazil's forward Neymar celebrate on the podium during the medal presentation following the Rio 2016 Olympic Games men's football gold medal match between Brazil and Germany at the Maracana stadium in Rio de Janeiro on August 20, 2016. 
Neymar struck the winning penalty as Brazil claimed a first ever Olympic football gold medal with victory over Germany at the Maracana on Saturday. / AFP PHOTO / Juan Mabromata

FAJAR.CO.ID MARACANA – Brasil menjadi Raja di sepak bola Olimpiade Rio 2016. Di rumah sendiri, mereka mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di cabang olahraga, yang dianggap menjadi agama di daerah seksi di negara Amerika Selatan itu.

Dalam laga final yang digeber di Maracana, Minggu (21/8), Brasil menjawab keraguan dunia. Neymar cs menang atas Jerman, lewat drama adu penalti 5-4, setelah di babak normal bermain imbang 1-1.

Neymar menangis haru kala menjadi penentu emas timnasnya saat mengeksekusi penalti kelima Brasil. Sebelumnya, satu-satunya penendang penalti Jerman yang gagal adalah Nil Petersen. Tembakan sang pemain berhasil ditepis dengan sempurna oleh kiper Weverton.

Weverton sebelumnya juga berhasil membaca tiga eksekusi penalti Jerman, sayang semuanya berhasil masuk ke gawangnya.

Rekor demi rekor pun diciptakan timnas Brasil terkait kesuksesan cabang sepak bola di Olimpiade. Mereka menjadi tim tuan rumah pertama yang meraih emas pada cabang sepak bola pria sejak 1992. Saat itu Spanyol yang berhasil jadi juara di Barcelona.

Untuk kedua kalinya pula sepanjang sejarah penentu emas cabang ini harus ditentukan melalui adu tendangan penalti. Laga 90 menit waktu normal berjalan cukup menarik. Kedua tim bermain agresif dan saling jual beli serangan.

Neymar membuka asa Brasil lebih dulu lewat gol tendangan bebasnya pada menit ke-27. Meski begitu, bukan Jerman namanya jika tak memiliki semangat juang luar biasa. Pada menit ke-59, Max Meyer berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan manis Jeremy Toljan.

Kedua tim beberapa kali mendapat peluang emas yang terbuang sia-sia hingga akhirnya laga harus sampai adu penalti. Kemenangan ini jelas sangat berarti bagi Brasil yang takluk 1-7 oleh Jerman di Piala Dunia 2014. Saat itu Neymar cedera.

Dia pun membayarnya pada laga ini menghadapi lawan yang sama, walau di turnamen yang berbeda dengan kumpulan pemain muda. Brasil gegap gempita, Tim Samba meraih emas pertama sepak bola di olimpiade. (rap/jpg/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top