Jagoan Malaysia Tumbang Lagi di Final Rio. Lee Chong Wei Pasrah Dua Set Sekaligus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Sport

Jagoan Malaysia Tumbang Lagi di Final Rio. Lee Chong Wei Pasrah Dua Set Sekaligus

Malaysia's Lee Chong Wei reacts against China's Chen Long during their men's singles Gold Medal badminton match at the Riocentro stadium in Rio de Janeiro on August 20, 2016, for the Rio 2016 Olympic Games. / AFP PHOTO / GOH Chai Hin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Sungguh nahas nasib pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei. Misi menuntaskan dahaga medali emas Olimpiade harus kandas setelah dikalahkan unggulan kedua asal Tiongkok, Chen Long, pada final Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Sabtu (20/8).

Pada final tunggal putra di Riocentro Pavilion 4, Rio De Janeiro, Brasil, Chong Wei kalah dua set langsung dari Chen Long dengan skor 21-18 dan 21-18 dalam pertarungan selama 1 jam 13 menit.

Chong Wei sejatinya memiliki kepercayaan diri tinggi menyusul kemenangan atas musuh bebuyutannya, Lin Dan, pada laga semifinal, Jumat (19/8). Dia yakin, kegagalan dalam dua Olimpiade terakhir bisa dibayar tuntas tahun ini.

Namun apa lacur, alih-alih menang, Chong Wei justru takluk dari Chen Long yang datang sebagai unggulan kedua. Chen Long mampu memenangi pertarungan yang banyak dihiasirally panjang itu.

Bagi Chen Long, kemenangan ini sekaligus membayar kekalahan dari Chong Wei pada partai semifinal Olimpiade London 2012. Kala itu, Chong Wei merebut medali perak dan Chen Long meraih perunggu.

Ini menjadi kali pertama pebulu tangkis berusia 27 tahun tersebut meraih medali emas di pentas Olimpiade. Tak heran setelah memastikan kemenangan dua set, Chen Long begitu ekspresif sampai tak bisa menahan tangis.

Sementara, bagi Chong Wei ini menjadi hat-trick kekalahan setelah pada Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 kandas di final dari Lin Dan. Ekspresi kecewa pun tak bisa ditutupi pebulu tangkis yang pernah dihukum 8 bulan akibat kasus doping itu.

Kini, mimpi Chong Wei mengakhiri dahaga Malaysia merebut medali emas selama 52 tahun akhirnya kandas. Apalagi, usianya sudah menginjak 33 tahun dan hampir mustahil dia bisa tampil lagi pada Olimpiade Tokyo 2020.

Malaysia sendiri pulang dari Olimpiade Rio 2016 dengan mengantongi tiga medali perak dri bulu tangkis. Selain Chong Wei, medali perak juga diraih dari sektor ganda putra dan ganda putri.

Sementara, Tiongkok berhak pulang membawa dua medali emas dari Chen Long di sektor tunggal putra dan Fu Haifeng/Zhang Nan di sektor ganda putra. Tiongkok juga meraih dua medali perunggu di sektor ganda campuran melalui Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Pencapaian ini menurun dari kiprah Tiongkok pada empat tahun silam kala sukses menyabet lima medali emas dari semua sektor yang dipertandingkan. (ira/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top