Hakim MK Minta Ahok Sempurnakan Permohonan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

Hakim MK Minta Ahok Sempurnakan Permohonan

20839_18474_sip-Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya menjalani sidang perdana di Mahakamah Konstitusi (MK) ihwal gugatannya untuk menguji Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Selama mengikuti sidang selama sekitar 30 menit, Gubernur DKI Jakarta itu dicecar sejumlah pertanyaan dan masukan dari majelis hakim.

Dalam masa persidangan, ada beberapa poin yang ditegaskan hakim MK bahwa permohonan yang diajukan Ahok masih belum jelas dan butuh perbaikan. Diantaranya, tidak dicantumkannya alasan kenapa MK harus mengabulkan permohonan orang nomor satu di DKI itu.

“Paling tidak, pada tahap awal, pemohon (Ahok) harus meyakinkan kami bahwa ada kerugian konstitusional (dalam gugatan),” ujar Hakim Asmanto di ruang sidang MK, Senin (22/8).

Selain itu, Asmanto juga meminta eks Kader Gerindra itu untuk memperjelas gugatannya. Karena melalui permohonan tersebut, terindikasi seorang petahana rentan menggunakan fasilitas negara demi kepentingan pribadi.

“Mungkin bisa dielaborasi maksud pemohon (Ahok). Jangan sampai ada penyalahgunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi,” imbuhnya.

Karenanya, majelis hakim memutuskan untuk memperpanjang masa persidangan dengan menunggu penyempurnaan permohonan dari suami Veronica Tan itu.

Hakim Ketua Anwar Usman mengatakan, selama 14 hari, mereka akan menunggu hasil perbaikan gugatan dengan memperhatikan setiap masukan dari majelis panel selama persidangan berlangsung.

“Senin 5 September paling telat pukul 10.00 WIB, langsung diserahkan kepada kepaniteraan (perbaikan permohonan). Lebih cepat dimasukkan, sidang akan dilaksanakan secepat mungkin,” tandasnya. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top