Ini Dia Pemodal di Balik Kampanye Anti Rokok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Ini Dia Pemodal di Balik Kampanye Anti Rokok

Anti Rokok

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Masifnya gerakan kampanye anti rokok di Indonesia ternyata tidak lepas dari ‘order’ dan pendanaan lembaga Asing. Proyek kampanye ini juga ternyata tidak hanya dinikmati oleh lembaga non pemerintah tapi juga kampus dan kementerian.

Salah satu lembaga yang mengucurkan dana untuk kampanye antirokok adalah Bloomberg Initiative (BI), sebuah lembaga yang didirikan oleh Michael R Bloomberg, Wali Kota New York City, Amerika Serikat.

Dia adalah salah satu orang terkaya di AS dengan kekayaan bersih pada tahun 2012 tercatat sekitar 220 juta dolar AS. Selain itu dia juga tercatat sebagai pemilik 88 persen saham Bloomberg LP, sebuah perusahan penyedia data keuangan global.

Selain dikenal sebagai pengusaha dan politikus, Bloomberg juga merupakan seorang filantropis yang telah mengucurkan dana untuk berbagai lembaga di Indonesia dalam rangka program pengurangan penggunaan tembakau.

Penerimanya ada lembaga swadaya masyarakat (LSM), perguruan tinggi, hingga instansi pemerintah. Aliran dana dari BI itu dibeber dalam situs tobaccocontrolgrants.org.

DPR pun tidak luput dari aliran dana Bloomberg. Lembaga itu pernah mengucurkan dana sebesar 240,000 dolar AS (Rp2,256 miliar) kepada Indonesian Forum of Parliamentarians on Population and Development (IFPPD) pada Maret 2011.

Tujuannya adalah agar para anggota DPR periode 2009-2014 bersedia membantu pembuatan UU Kontrol atas Efek Tembakau terhadap kesehatan. Proyek itu juga bertujuan mencari dukungan Komisi I DPR agar mengakses Konvensi Antitembakau PBB (FCTC).

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top