Nah Ketahuan! Dua Oknum PNS Muna Berijazah Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Nah Ketahuan! Dua Oknum PNS Muna Berijazah Palsu

pns-sulut
Foto: Ilustrasi PNS

FAJAR.CO.ID, Badan Kepegawaian Daerah Muna telah menduga terdapat dua oknum PNS di Pemerintah Daerah berijazah palsu. Untuk memastikan hal itu, instansi terkait akan melakukan pengecekan di perguruan tinggi asal para aparat itu memperoleh ijazah.

Kecurigaan itu muncul saat dilakukan pengecekan di Forlap Dikti, keduanya dinyatakan masih aktif sebagai mahasiswa. Sementara, mereka kini sudah mengantongi ijazah dalam statusnya sebagai PNS.

“Ada dua orang yang ditemukan. Satu pada ijazah Strata 1 (S1) dan satunya lagi Strata 2 (S2). Akan dicek pada perguruan tinggi asalnya,” ujar Kepala BKD Muna, Sukarman ditemui di kantor BKD Muna kemarin tanpa menyebutkan perguruan tinggi ternama asal PNS tersebut.

Sukarman menegaskan, diketahuinya dua oknum PNS tersebut, karena perguruan tinggi tersebut belum mengeluarkan pernyataan soal tuntasnya masa studi. Dan itu dibuktikan lewat Forlap perguruan tinggi dengan status masih aktif kuliah.

“Kita klarifikasi program studi dan keaslian ijazah yang benar pada perguruan tinggi asalnya. Kalau dalam prosesnya terbukti maka otomatis ada sanksi. Jika oknum PNS masuk pegawai dengan ijazah palsu maka akan diberhentikan secara tidak hormat. Kalau masuk karena penyesuaian maka mengembalikan selisih gaji pada negara,” ancamnya.

Pihaknya menyadari bahwa tahun 2016 ini belum sepenuhnya dilakukan pengecekan ijazah pada seluruh PNS, karena terkendala pada keuangan. Sehingga pihaknya akan melakukan pengusulan pada anggaran perubahan 2017 untuk dilakukan pengecekan secara detail.

Saat ini juga, BKD sudah melakukan pengiriman seluruh ijazah PNS pada BKN sekira 7.066 untuk dilakukan pengecekan. Yang akan disorot ijazah S1 dan S2. Dipastikan jumlah ijazah palsu akan bertambah.

Karena BKD melakukan dengan fokus pada data base kepegawaian dan formasi secara online. “Datanya sudah di bawa ke BKN. Akan rampung secepatnya,” pungkasnya. (Ery/KP/fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top