Ribuan Sopir Taksi Online Gelar Aksi Demo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Jabodetabek

Ribuan Sopir Taksi Online Gelar Aksi Demo

Ini Alasannya Menkominfo Ogah Blokir Aplikasi Uber dan Grab

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – 614 personel polisi gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat akan mengamankan aksi demo dari ribuan pengemudi taksi online Senin (22/8) hari ini. Rencananya demo akan digelar di sejumlah titik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan, kepolisian bakal mengawal ketat kegiatan yang bakal dilakukan sopir taksi online ini.

“‎Sesuai rencana pengemudi jasa angkutan online hari ini akan demo di Istana, Kemenhub, dan DPR. Aksi dimulai pukul 10.00 WIB titik kumpul di Parkir Timur Senayan. Pendemo kurang lebih 1000 orang dan kami sudah siapkan pengamanan,” ungkap Awi, Senin (22/8).

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini menuturkan, dalam aksinya massa memprotes Permenhub No 32 tahun 2016 yang mewajibkan jasa angkutan online harus menggunakan SIM A Umum, kendaraan harus uji KIR, dan kendaraan harus balik nama atas nama perusahaan.

“Mereka menilai Permenhub itu merugikan individu pemilik kendaraan‎, sehingga mereka melakukan unjuk rasa,” terang Awi.

Sementara Andryawal Simanjuntak‎ selaku advokat sopir taksi online membenarkan aksi ini. Mereka menuntut pencabutan Peraturan Menteri (permen) Perhubungan Nomor 32 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Andryawal menambahkan, tuntutan pencabutan dilakukan karena merugikan bagi sopir taksi online, di antaranya seperti sopir wajib memiliki SIM A umum. “Kewajiban punya SIM  A umum merugikan karena biaya pembuatan SIM sendiri mencapai Rp 1-1,5 juta,” ungkapnya.

Lalu kewajiban uji kir juga ditentang. Termasuk aturan balik nama kendaraan menjadi atas nama perusahaan juga dinilai memberatkan. Karena mobil yang digunakan masih proses tahap cicilan‎. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top