Kota di Italia Rata dengan Tanah Usai Dihantam Gempa Dahsyat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Internasional

Kota di Italia Rata dengan Tanah Usai Dihantam Gempa Dahsyat

10-orang-tewas-akibat-gempa-dahsyat-di-italia-Ubg

FAJAR.CO.ID, ITALIA- Dunia saat ini sedang dilanda duka mendalam, usai kota di Italia dilanda gempa bumi berkekuatan 6,2 skala ritcher.

Gempa dahsyat yang terjadi di beberapa kota di Italia itu juga telah menelan korban tewas hingga puluhan orang. Menurut pejabat setempat, korban tewas saat ini masih bertambah, karena pihak keamanan setempat masih melakukan evakuasi terhadap para korban yang tertimbun breruntuhan bangunan.

Sesuai dengan rilis yang dikeluarkan oleh pejabat setempat, korban terbanyak dari gempa ini adalah Desa Pescara del Tronto. Di kawasan tersebut seluruh bangunan rata dengan tanah. Pun demikian di kota Amatrice yang luluhlantah. Sedangkan di Accumoli ada satu keluarga yang terdiri atas empat orang dikhawatirkan tewas setelah rumah mereka ambruk.

Berlangsung sekitar pukul 03.36 waktu setempat Rabu (24/8) atau 07.36 WIB tadi, lokasi gempa berada sekitar 100 kilometer timur laut Roma. Namun, walau pusat gempa terletak 10 kilometer di bawah permukaan laut, dekat Accumoli, intensitasnya sangat besar. Setara dengan gampa bumi yang melanda Aquila, Italia, pada April 2009 lalu. Saat itu 309 orang tewas.

Sampai berita ini diturunkan, korban terbanyak ada di Desa Pescara del Tronto. Di sana 10 orang, termasuk anak-anak, dilaporkan tewas. Belasan lainnya dibawa ke rumah sakit. Sementara, kerusakan terhebat berada di Kota Amatrice. Ada lima korban tewas dan saat ini tim SAR sedang berusaha mencari korban selamat. ”Jalan menuju dan keluar kota terputus. Separo kota hancur lebur. Warga tertimbun bangunan. Ada longsor dan jembatan ambruk,” kata Sergio Pirozzi, pejabat Pescara del Tronto. Jalan utama di kota tersebut rusak berat dan tim SAR sedang berusaha menyelamatkan enam orang yang terjebak reruntuhan bangunan.

Di Accumoli, seorang korban berhasil mereka selamatkan dari reruntuhan. ”Di sana ada rumah yang ambruk. Kami belum bisa mengevakuasi mereka ada empat orang di dalam rumah tersebut. Dua di antaranya anak-anak,” terang pejabat Accumoli Stefano Petrucci.(*/tia)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top