Pengamat Tata Kota: Semua Calon Gubernur DKI Masih Pencitraan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Jabodetabek

Pengamat Tata Kota: Semua Calon Gubernur DKI Masih Pencitraan

Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di tol dalam kota, Jakarta, Rabu (5/5/2016). Kemacetan ini awal dari libur panjang 5--8 April 2016--FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga menilai, hampir semua bakal calon gubernur DKI Jakarta, terlihat belum mampu mengatasi masalah di Ibu Kota Negara ini.

Toko-tokoh yang sudah terlanjut dikenalkan oleh partai politik ke publik Jakarta, dinilai belum ada satupun yang memiliki kompetensi mengatasi masalah kota ini.

“Kalau melihat dari stok kepala daerah yang ada, memang belum ada yang sempurna. Warga tidak diberi pilihan cagub-cagub yang visioner dan tegas, pro rakyat serta berwawasan lingkungan,” kata Nirwono Yoga dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8).

Menurut dia, bacagub yang sering nongol di Stasiun TV saat ini, banyak dari mereka yang dipoles dengan pencitraan, serta tak mampu memberikan solusi untuk membangun kota Jakarta ini.

“Semua masih pencitraan, tidak menyelesaikan akar permasalahan kota, tidak memiliki visi penataan kota ke depan yang jelas dan menjanjikan kesejahteraan bagi rakyat,” imbuhnya.

Bahkan, kata Nirwono, sang petahana Basuki Tjahaja Purnama sekalipun belum memiliki pemahaman, tujuan serta arah yang jelas tentang tata kota Jakarta. “Proyek-proyek pembangunannya tumpang tindih, tidak menyelesaikan akar permasalahan,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, seharusnya Jakarta meniru pembangunan perkotaan seperti yang dilakukan beberapa kota besar di dunia.

Seperti Melbourne yang baru saja dinobatkan sebagai kota paling layak huni dunia enam tahun berturut-turut. “Atau Singapura kota hijau di Asia,” tandas dia. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top