Sekarang Nggak Ribet! Bikin e-KTP Tanpa Surat Pengantar RT/RW – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ragam

Sekarang Nggak Ribet! Bikin e-KTP Tanpa Surat Pengantar RT/RW

e-KTP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh bergerak cepat, menanggapi masih adanya petugas layanan yang meminta warga membawa surat pengantar dari RT/RW saat hendak  melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Kasus ini antara lain terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan.

Zudan mengaku bahkan sampai menegur Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan Toto. Karena sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menerbitkan surat edaran yang dikirim ke seluruh kepala daerah, terkait kemudahan bagi warga untuk melakukan perekaman e-KTP. Ini agar  target perekaman bagi 183 wajib e-KTP tuntas hingga akhir September mendatang.

“Saya sudah menghubungi Kadis Dukcapil Tangsel. Beliau mengatakan telah menginformasikan pada Camat Pamulang (perihal surat edaran Mendagri,red) dan surat wali kota (guna meneruskan surat edaran Mendagri,red), sudah disampaikan,” ujar Zudan, Selasa (23/8).

Selain itu, Kadis Dukcapil Tangsel kata Zudan, juga mengatakan kemungkinan masih ada staf di lapangan meminta masyarakat membawa surat pengantar dari RT/RW, karena belum memperoleh informasi.

“Kadis mengatakan memohon maaf atas kelalaian staf di lapangan,” ujarnya.

Zudan mengakui, agar hal yang sama tidak terjadi, pihaknya akan terus mengoptimalkan sosialisasi terkait kemudahan bagi warga untuk melakukan perekaman e-KTP.

“‎Tampaknya camat belum diberi SE mendagrinya. Atau camatnya sudah dapat SE, tapi belum menyosialisasikannya ke anak buah. Jadi disimpan saja. Saya yakin dari tujuh ribuan camat sudah banyak yang tahu,” ujar Zudan. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top