Zulkifli Hasan – Alwi Hamu Sepakat Berantas Kesenjangan Sosial – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Zulkifli Hasan – Alwi Hamu Sepakat Berantas Kesenjangan Sosial

IMG-20160824-WA0002

JAKARTA — Ketua MPR, Zulkifli Hasan bertemu dengan Institut Lembang Sembilan (IL9) di Gedung MPR/DPR, Rabu, 24 Agustus.Ketua Umum IL9, Alwi Hamu memimpin rombongan didampingi Sekjen IL9 yang juga anggota DPR RI, Eva Sundari. Pertemuan dilakukan di ruang kerja Zulkifli Hasan secara terbuka.

Dalam pertemuan ini, Zulkifli dan IL9 membicarakan sejumlah hal. Khususnya terkait dengan semakin merosotnya moral kebangsaan di tengah- tengan masyarakat. Lunturnya semangat kesatuan dan rapuhnya landasan moril bangsa yang diikat empat pilar kebangsaan yakni NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.

IMG-20160824-WA0003

Tergerusnya nilai- nilai empat pilar ini dianggap sebagai pemicu banyaknya pergolakan dan tindakan kriminal di dalam masyarakat. Sikap hormat menghormati, tenggang rasa, dan perasaan sebagai bangsa yang satu dengan keberagaman di dalamnya sudah sulit ditemukan dalam lingkungan sosial kemasyarakatan. Akibatnya, setiap warga negara masing- masing berjalan sendiri dan cederung satu sama lain memelihara ego. Baik dari segi kesukuan, agama, latar belakang sosial, maupun strata kemasyarakatan.

Selain itu, hal yang menjadi penekanan dalam pertemuan tersebut adalah terkait tingkat kesenjangan sosial Indonsia yang masuk kategori parah. Pasalnya, Indonesia menjadi negara pada peringkat ke tiga paling timpang di dunia setelah Rusia dan Thailand. Kesenjangan terjadi dalam berbagai aspek. Baik aspek politik, aspek ekonomi, maupun aspek sosial.

“Sekarang kita lihat, APBN saja, kalau selalu dasarnya adalah jumlah penduduk dan daratan, bagaimana mungkin (APBN) bisa menjangkau. Sulit sekali. Ini harus diubah. Kesenjangan pusat daerah, jawa luar jawa, maupun antar invidu harus segera dibenahi,” kata Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Ketua Umum IL9, HM Alwi Hamu mengatakan faktor kesenjangan ini akan menjadi salah satu concern IL9. Khususnya dalam mendorong terciptanya pemerataan dalam bidang ekonomi. Peningkatan moral kebangsaan, dan optimalisasi semua potensi bangsa. “Kami akan dorong terus ini. Bagaimana hak- hak masyarakat terpenuhi. Misaknya listrik. Kemudian, bagaimana kesenjangan dikurangi,” ujarnya. (arm)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top