Mendagri Klaim Kebutuhan Blanko e-KTP Cukup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Mendagri Klaim Kebutuhan Blanko e-KTP Cukup

Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kebutuhan blanko untuk mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di seluruh Indonesia, tercukupi. 

Meski demikian mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengakui, pihaknya cukup selektif dalam memenuhi permintaan daerah, terkait kebutuhan blanko. Dampaknya, pada sejumlah pemberitaan terkesan banyak daerah kekurangan blanko. 

“Saya kira (blanko,red) cukup. Soalnya kami (Kemendagri,red) enggak mau kalau satu daerah minta seribu blanko, terus dipenuhi seribu, tapi kalau dianya enggak proaktif untuk menghabiskan yang seribu itu,” ujar Tjahjo, Kamis (25/8).

Menurut Tjahjo, pihaknya cukup selektif mengkaji permintaan, agar tidak terjadi penumpukan blanko di satu daerah. Sementara di daerah lain masih sangat membutuhkan. 

BACA:  Ini Tanggapan KPK soal Komisi Perlindungan Korupsi

“Untuk daerah yang blankonya numpuk sekian bulan, kami ambil kok. Itu artinya daerah tersebut tidak jemput bola (dalam melakukan pelayanan perekaman E-KTP, red0. Ya kami ambil, kasih ke yang lain,” ujar Tjahjo. 

Karena itu Tjahjo berharap semua pihak dapat saling membahu, demi tercapainya target perekaman 183 juta wajib e-KTP pada 30 September mendatang.

“Deadline 30 September itu cuma percobaan saja, untuk bisa menggerakkan masyarakat. Di perkotaan saja masih banyak  yang belum merekam lho,” ujar Tjahjo. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top