Pakar Beberkan Bukti Mirna Tewas Akibat Sianida – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Pakar Beberkan Bukti Mirna Tewas Akibat Sianida

Jessica Kumala Wongso

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pakar Toksikologi (Ahli Racun) I Made Agus Gelgel Wirasuta memastikan bahwa kematian Wayan Mirna Salihin lantaran racun sianida. 

Kesimpulan itu diambil berdasarkan hasil autopsi dokter forensik dari Mabes Polri. 

“Berdasarkan data (hasil autopsi) ini, saya mencoba menerjemahkan dan korban terekspose meminum minuman mengandung sianida,” kata dia saat menjadi saksi ahli JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (25/8).

I Made Agus menambahkan, kopi sianida yang masuk ke lambung Mirna memberikan rasa panas dan rusaknya organ lambung. Karena, sianida masuk dalam jumlah yang relatif besar.

“Buktinya, teradi korosit (kerusakan/iritasi) pada lambung korban,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, racun sianida mampu mengikat kuat oksigen di tubuh manusia. Sehingga, membuat tubuh terasa pusing. 

“Dan korban akan kejang-kejang di mana nafas menjadi terengah-engah karena tubuh kekurangan oksigen,” jelasnya.

“Korban meninggal karena kekurangan oksigen dalam jumlah besar. Dan fakta ini sudah cukup menjelaskan reaksi bagaimana itu sianida,” timpalnya.

Berdasarkan dari data dan barang bukti, kandungan kadar racun sianida dalam lambung Mirna cukup tinggi. 

“Dalam BAP, korban merasakan pusing dan kejang-kejang dan kira-kira sekitar 30 menit (setelah minum kopi), korban kehilangan nyawanya,” tambah dia.

Diketahui, Mirna tewas pada 6 Januari 2016 lalu. Dia meningal usai menenggak es kopi Vietnam yang dipesankan Jessica di Kafe Olivier, West Mal Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top