Waduh, di Provinsi Ini Ada Ribuan Pria Penyuka Sesama Jenis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Daerah

Waduh, di Provinsi Ini Ada Ribuan Pria Penyuka Sesama Jenis

LGBT 2

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Ribuan pria di Banjarbaru, Kalimantan Selatan ternyata menyukai sesama jenis. Itu terkuak dari data yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banjarbaru.

Sekretaris KPA Banjarbaru Edi Sampana mengungkapkan dari data yang mereka dapatkan, jumlah lelaki seks lelaki (LSL) selalu di atas seribu orang per tahun. Bahkan pada 2016 diperkirakan mencapai belasan ribu orang.

“Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, LSL di Kalsel pada tahun 2016 sebanyak 1.094 hingga 12.975 orang,” katanya kepada Radar Banjarmasin, Rabu (24/8) kemarin.

Ia menuturkan, jumlah LSL terbanyak ada di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Di mana di dua kota tersebut masing-masing terdapat ratusan LSL yang masih berkeliaran. “Di Banjarbaru saja ada sekitar 400 kaum LSL,” ujarnya.

Bukan hanya LSL, kaum penyuka sesama jenis lainnya yaitu waria hingga saat ini jumlahnya juga masih tinggi. “Ini juga selalu di atas ribuan,” ujar edi.

Dia mengungkapkan, kaum LSL dan waria sangat berisiko tertular HIV. Sebab, memiliki perilaku seks yang menyimpang yaitu menyukai sesama jenis. “Bahkan LSL sendiri terkenal tidak setia, mereka bisa berganti-ganti pasangan,” ungkapnya.

Agar kelompok lelaki sesama jenis selalu terawasi, KPA secara rutin mengumpulkan mereka untuk menjalani tes HIV. Namun tidak mudah mengumpulkan mereka, apalagi kaum LSL.

Mereka sangat sulit diketahui. “Penampilan dan perilaku mereka sama dengan pria pada umumnya. Beda dengan waria, dari penampilannya saja kita bisa tahu,” ujarnya. (ris/ij/ran/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top