Bela Ahok, Djarot Dinilai Terlalu Lebay – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Bela Ahok, Djarot Dinilai Terlalu Lebay

thumb_23008_09560601062016_ahok-djarot

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat diingatkan untuk tidak terlalu membela Gubernur Basuki T Purnama. Pasalnya, sikap tersebut bisa menimbulkan permasalahan dengan rekan-rekan satu partainya di PDI Perjuangan.

“Saat ini akar rumput PDIP sudah tidak suka Ahok. Jadi sebaiknya wagub tidak terlalu membela karena justru dapat merugikan posisi wagub sendiri,” ujar pengamat kebijakan publik Amir Hamzah, Kamis (25/8).

Menurut Amir, keberpihakan ke Ahok bisa membuat pendukung-pendukung Djarot di PDIP berbalik arah. Bahkan bukan tidak mungkin mantan bupati Blitar itu terdepak dari bursa calon gubernur PDIP.

Sedangkan Peneliti dari Centre for Budget Analisys (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai, sikap Djarot akhir-akhir ini terkesan ‘lebay’. Menurutnya, gaya Djarot yang kerap membela Ahok itu bisa diartikan sebagai sikap tunduk. “Kita tidak tahu Djarot berbuat lebay demikian karena takut atau cari muka. Pokoknya aneh aja melihatnya,” kata dia.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Djarot mengkritik maraknya penolakan warga terhadap kedatangan Ahok ke wilayah mereka. Bahkan dirinya mengingatkan warga Jakarta bahwa gubernur merupakan simbol pemerintah pusat di tingkat daerah. “Bagaimanapun, gubernur itu simbol, wakil pemerintah pusat ya,” kata Djarot.

Karena itu, Djarot mengimbau warga Jakarta tetap menerima kedatangan atau kehadiran Ahok dalam acara yang digelar di setiap wilayah. Sebab Ahok sedang menjalani tugas sebagai kepala daerah yang menjadi kepanjangan tangan pemerintah pusat.

“Bagaimanapun harus diterima dengan baik. Ini kan tindakan yang emosional ya. Jadi saya minta pengertian dari seluruh warga. Dia juga warga negara. Dia simbol, dia gubernur ya. Ketika dia menyandang gubernur, bukan sebagai pribadi tapi sebagai gubernur. Etikanya seperti itu,” tutur Djarot. (wok/dil/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top