Mesin Pesawat Saudia Airlines Rusak, Keberangkatan Jamaah Haji dari Daerah Ini Tertunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Daerah

Mesin Pesawat Saudia Airlines Rusak, Keberangkatan Jamaah Haji dari Daerah Ini Tertunda

Jamah Haji

FAJAR.CO.ID SURABAYA –Para calon jamaah haji (CJH) kloter 40 asal Gresik, Jombang, Mojokerto, dan sebagian Surabaya terpaksa tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Hal ini lantaran, pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5413 yang akan mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin.

Akibat penundaan tersebut, para CJH yang mayoritas berusia lanjut keleleran di bandara selama lebih dari dua jam.

Sebelumnya, para CJH sudah bertolak dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) pada pukul 05.00 kemarin (25/8). Mereka tiba di Bandara Internasional Juanda pada pukul 07.00. Beberapa saat kemudian, pesawat dinyatakan delay karena mesinnya rusak.

Selama dua jam CJH menunggu kepastian berangkat. Beberapa CJH mengeluh kelaparan karena belum makan sejak subuh.

Baru pada pukul 09.00, para CJH diangkut dengan bus yang disewa pihak Saudia Airlines menuju Hotel Somerset di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya.

Penundaan keberangkatan itu juga mendapat respons beragam dari para CJH. Tuminah, CJH asal Mojokerto, kemarin terlihat menangis sendirian di atas kursi rodanya di lobi hotel. Rupanya dia ditinggal pendampingnya. Beberapa petugas berusaha menenangkannya.

”Sabar Mbah, dipadosaken (dicarikan, Red) nanti,” kata salah seorang petugas.

Untuk menenangkannya, Tuminah pun diajak ke pinggir ruangan dan dihibur beberapa TPHD. ”Gini kok saya ditinggal sendirian, masak berangkat sendiri,” ujar Tuminah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kemenag Jatim M. Syakur mengatakan, seluruh akomodasi hotel untuk para CJH telah ditanggung pihak Saudia Airlines.

”Memang seperti itu tanggung jawab pihak penerbangan,” katanya.

Syakur menuturkan, menurut kru penerbangan, kerusakan mesin tidak bisa diperbaiki dalam hitungan jam. Karena itu, CJH segera diangkut ke hotel.

”Tujuannya, mengamankan CJH biar tidak kelaparan, keleleran,” ungkapnya. Rencananya, para CJH diberangkatkan hari ini pukul 12.00. (tau/c7/git/flo/jpnn/fajar)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top