Selama 26 Jam Libatkan 100 Dokter, Transpalansi Wajah Pria Ini Sukses – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Internasional

Selama 26 Jam Libatkan 100 Dokter, Transpalansi Wajah Pria Ini Sukses

47046_65678_ok-ol-transplant3

FAJAR.CO.ID, SELAMA 14 tahun Patrick Hardison yang bertugas sebagai petugas pemadam kebakaran harus menghadapi tatapan aneh dari orang asing. Bahkan, anak-anaknya sendiri takut dengannya. Itu terjadi setelah Hardison mengalami insiden saat memadamkan api. Wajahnya rusak berat.

Namun, Kamis (25/8) Hardison dengan bahagia menunjukkan kepada dunia wajah barunya. Setahun yang lalu, bapak lima anak itu menjalani operasi transpalasi seluruh wajah di New York, Amerika Serikat. Dan, setahun kemudian, hasil operasi tersebut ditampilkan. ”Sekarang saya hanya lelaki biasa yang berjalan-jalan tanpa dilihat dengan aneh oleh orang lain,” kata lelaki 42 tahun itu kepada CBS.

Operasi yang berlangsung 2015 itu melibatkan 100 dokter dan berlangsung selama 26 jam di Langone Medical Center, New York, AS. ”Sekarang orang bisa melihat saya dan menceritakan tentang ini itu.Tapi, mereka tidak akan mengira kalau saya sudah menjalani operasi transpalasi wajah,” katanya.

Kisah Hardison yang kehilangan wajahnya berlangsung pada 2011. Saat itu dia masih berusia 27 tahun dan bertugas untuk memadamkan sebuah rumah mobil yang sedang terbakar di Senatobia, Mississippi.

Dalam laporannya, ada penumpang perempuan yang ada di dalam mobil tersebut. Hardison pun dengan berani masuk ke dalam mobil tersebut. Tidak disangka, atap mobil tersebut jatuh menimpanya. Hardison pun terperangkap. Api yang menyala kemudian membuat helm pengamannya meleleh dan menempel di wajahnya. Hardison berusaha melepaskannya dan berhasil.

Walau pun keputusan itu membuat kulit wajahnya mengelupas semua, dokter memuji tindakan Hardison. ”Keputusan melepaskan helm itu menyelamatkan mata saya dan menghindari paru-paru saya penuh asap,” kenangnya.

Hardison menghabiskan 63 hari di RS untuk memulihkan kondisinya. Wajahnya kemudian dilapisi kulit yang diambil dari perutnya. Setelah sembuh, wajah Hardison tidak seperti semula. Luka sudah sembuh namun wajahnya memicu keheranan dan shock untuk yang melihatnya. Bahkan anak-anaknya takut padanya. Dia tidak punya hidung, mulut, telinga, mata. Wajahnya datar. Setahun kemudian setelah lukanya sembuh, Hardison menjalani 71 operasi konstruksi untuk membentuk mulut, hidung, dan lipatan mata.

Selama 14 tahun, Hardison hidup dengan wajah tersebut sampai tahun lalu. Keluarga atlet sepeda David Rodebaugh, 26, bersedia mendonasikan wajah Rodebaugh setelah cyclist itu meninggal karena kecelakaan. Hardison terpilih karena kulit wajah, rambut, dan golongan darah plus struktur tulang pendonor sama dengan Hardison.

Operasi pun dihelat. Sekarang, Hardison sudah punya wajah baru. Tubuh Hardison sudah menyesuaikan diri dengan wajah barunya dan tidak ada efek samping yang terjadi. ”Menjadi normal sudah menjadi kenyataan. Normal sebelumnya adalah hal yang tidak pernah saya bayangkan,” katanya seperti dilansir Daily Mail.(*/tia)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top