Jangan Tertipu, Situs Cek KTP Bukan dari Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jangan Tertipu, Situs Cek KTP Bukan dari Pemerintah

Mendagri Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Media jejaring sosial tengah ramai dengan beredarnya pesan berantai yang meminta masyarakat mengecek Kartu Tanda Penduduk (KTP). Situs tersebut diakses dengan alamat www.ektp.cektkp.com.

Saat dikonfirmasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berang lantaran lembaganya tidak pernah membuat situs tersebut. Karenanya, Tjahjo memastikan bahwa situs www.ektp.cektkp.com bukan dari pemerintah.

“Link cek KTP muncul bukan dari Kependudukan dan Catatan Sipil (Duk Capil). Karena ketika menggunakan .com berarti link tersebut bukan dari pemerintah,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com (Fajar Group), Sabtu (27/8).

Mantan anggota Komisi I DPR ini mengaku, Kemendagri sedang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk melakukan pemblokiran terhadap situs palsu tersebut.

“Kami sedang berkoordinasi dengan Kominfo untuk blok situs itu, karena meresahkan masyarakat,” katanya.

Diketahui, sebelumnya beredar di jejaring sosial pesan berisikan agar masyarakat melakukan pendataan dalam mengurus e-KTP. (cr2/JPG)

Berikut ini pesan yang beredar di masyarakat.

Breaking news: Mendagri minta masyarakat segera mengurus rekam e-KTP, karena akan ditutup 30 September, bagi yang belum terdata rekam e-KTP, data yang lama semua akan dihapus sehingga nanti susah dalam pengurusan bank, BPJS, SIM/STNK dan lain-lain. Tolong dishare ke teman-teman lain yang belum tahu.

Monggo yang mau mengecek KTP, sudah online belum KTP kalian tinggal ketim nomor KTP terus klik cek ke https://ektp.cektkp.com/.

loading...
Click to comment
To Top