Mendagri Langsung Ngomong Tegas Soal Website e-KTP Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Mendagri Langsung Ngomong Tegas Soal Website e-KTP Palsu

Mendagri Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo merasa perlu memberi klarifikasi terkait munculnya informasi secara viral tentang situs untuk mengecek validitas kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)  yang beralamat dihttps://ektp.cektkp.com. Menurutnya, tidak ada situs layanan pemerintahan yang berdomain dengan akhiran com.

Cahyo mengatakan, link yang muncul dihttps://ektp.cektkp.com bukan mengarah ke database Direktorat Jenderal Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. “Karena ketika menggunakan dotcom berarti link tersebut bukan dari pemerintah,” ujar Tjahjo sebagaimana dikutip JawaPos.Com, Sabtu (27/8/2016).

BACA:  Waduh.. Mendagri Salami Satpol PP, Pasha Ungu Sibuk Ladeni Ajakan Selfie

Mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, Kemendagri sedang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memblokir situs palsu itu. “Karena meresahkan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya beredar di jejaring sosial pesan berisikan agar masyarakat melakukan pendataan dalam mengurus e-KTP. Pesan itu beredar secara viral seiring kebijakan pemerintah yang menetapkan masa berlaku KTP biasa hanya sampai 30 September mendatang.

Artinya, mulai 1 Oktober 2016 hanya e-KTP yang diakui. Karenanya, pemerintah pun meminta masyarakat segera menguru e-KTP.(cr2/JPG/ara/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top