Partai Demokrat Dukung Pemangkasan TPG – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Partai Demokrat Dukung Pemangkasan TPG

Ilustrasi Guru

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Demokrat mendukung upaya pemerintah memangkas tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,4 triliun. 

Menurut Wakil Ketua Partai Demokrat, Syarief Hasan kebijakan Menteri Keuangan Sri Mulyani tersebut selaras dengan Presiden Joko Widodo, yakni menghemat pengeluaran negara. 

“Anggaran negara harus diselamatkan dan efisiensi dan pemotongan anggaran itu saya pikir langkah yang tepat,” ujar Syarief di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (27/8).

Syarif berharap nantinya, anggaran bisa dialokasikan ke sektor lain, khususnya dalam bidang kesejahteraan rakyat. “Yang penting adalah keberpihakan kepada rakyat itu yang lebih utama, kesejahteraan bagi rakyat. Jangan sampai kemiskinan makin bertambah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengumumkan rencana pemangkasan tunjangan profesi guru sebesar Rp23,4 triliun pada APBNP 2016.

Pemangkasan ini merupakan bagian dari penghematan transfer ke daerah sebesar Rp70,1 triliun.

Menurut Sri Mulyani, pemotongan tunjangan profesi bagi guru dilakukan menyesuaikan dengan data jumlah guru di lapangan. 

Pasalnya, jumlah guru yang berhak menerima tunjangan profesi tak sesuai dengan jumlah saat penganggaran. Karena target penerimaan negara meleset, pemerintah pun memangkas belanja Rp137,6 triliun. 

Pemangkasan terdiri atas penghematan belanja pusat Rp64,7 triliun, dan transfer ke daerah serta dana desa sebesar Rp72,9 triliun. (cr2/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top