Zulkifli Hasan: Kami Gelar Karpet Biru untuk Risma – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Pilkada

Zulkifli Hasan: Kami Gelar Karpet Biru untuk Risma

610089_05202411112015_zulkifli_hasan_pan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Partai Amanat Nasional (PAN) berharap PDI Perjuangan (PDIP) mengusung Tri Rismaharini sebagai bakal calon gubernur (bacagub) dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Jika PDIP benar-benar memilih Risma, sapaan karib Tri Rismaharini, PAN akan serta-merta memberikan dukungan penuh tanpa syarat.

”Kami gelar karpet biru untuk Risma,” ungkap Zulkifili Hasan saat berdiskusi dengan awak redaksi Jawa Pos (Fajar Group) di Graha Pena Surabaya.

Menurut ketua umum PAN itu, dengan mendukung Risma, partainya menginginkan warga DKI memiliki bacagub alternatif selain petahana saat ini Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dalam penilaian banyak orang, Risma satu-satunya rival yang sepadan dengan Ahok.

Pertarungan yang tidak seimbang, menurut PAN, tidak baik untuk demokrasi. ”Ahok sudah punya pamor, dukungan, juga partai, ya harus ada pilihan alternatif,” tutur Zulkifli.

PAN sebenarnya sudah punya kader yang mumpuni untuk maju, yaitu Suyoto alias Kang Yoto. Zulkifli mengklaim, pamor Kang Yoto tidak main-main. Kata dia, sejumlah bacagub melamar bupati Bojonegoro tersebut untuk menjadi pendampingnya dalam pertarungan merebut kursi DKI-1. Salah satunya Sandiaga Uno, bacagub Partai Gerindra. ”Sandiaga itu minta Kang Yoto, sampai sekarang masih ditunggu,” ungkap Zulkifli.

Masalahnya, yang bersangkutan tidak mau menjadi bacawagub. PAN juga enggan melepas Kang Yoto sebagai orang kedua. Menurut Zulkifli, Yoto pantas menjadi bacagub. Dengan segudang pengalaman dan dukungan yang dimiliki, kemungkinan Yoto untuk menang pun tidak kecil. Namun, mengusung Yoto jadi DKI-1 tidak mudah. PAN hanya punya dua kursi di DPRD DKI. ”Kang Yoto baru mau jadi wakil kalau dipasangkan dengan Risma,” tegas Zulkifli. (tau/c9/agm)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top