KPK Segera Agendakan Pemeriksaan Nur Alam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Hukum

KPK Segera Agendakan Pemeriksaan Nur Alam

agus-rahardjo-KPK-Celahkota

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menuntaskan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi di Kota Kendari dan Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemeriksaan dilakukan secara marathon dalam rangka mengumpulkan bukti-bukti tambahan dalam kasus dugaan suap penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Bombana dan Buton periode 2008-2014.

Dari belasan saksi yang diperiksa, mereka terdiri dari kalangan pengusaha dan PNS dilingkup Pemkab Bombana dan Buton, serta mantan pejabat dan mantan Bupati Bombana Attikurahman. Sedangkan mantan Bupati Buton Sjafei Kahar serta saksi yang tak hadir saat pemeriksaan di Kendari maupun Baubau menanti giliran pemeriksaan yang kemungkinan akan dilaksanakan di Jakarta.

Meski Nur Alam sudah berstatus tersangka sejak, Selasa (23/8) lalu, namun sampai saat ini KPK belum mengagendakan pemeriksaan terhadap Politikus PAN itu. KPK saat ini masih merampungkan hasil pemeriksaan terhadap para saksi-saksi yang sudah dimintai keterangannya.

Selain sudah menyandang status sebagai tersangka, Nur Alam juga kini telah dicekal untuk bepergian keluar negeri. Surat pencekalan itu bahkan sudah dikirim ke Direktorat Jenderal Imigrasi sehari sebelum pengumuman penetapan tersangka Nur Alam.

Bukan hanya Nur Alam, dalam kasus ini tiga orang lainnya juga ikut dicekal keluar negeri. Mereka adalah Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sultra, Burhanuddin, pemilik PT Billy Indonesia, Erni Sukiati Lasimon dan Direktur PT Billy Indonesia, Widi Aswindi. Untuk ketiga orang ini setidaknya dilarang bepergian keluar negeri selama enam bulan kedepan.

Sejauh ini, sudah banyak saksi yang dimintai keterangannya. Lantas bagaimana dengan pemeriksaan terhadap Nur Alam? Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengaku sampai saat ini belum menerima informasi perihal pemeriksaan terhadap gubernur dua periode itu. “Belum dapat info nih,” kata Priharsa singkat kepada awak media Fajar.co.id melalui pesan singkat WhasApp, Minggu (28/8).

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua KPK, La Ode Muhammad Syarief. Dikatakan, sejauh ini pihaknya memang belum mengagendakan pemeriksaan Nur Alam. Alasannya, para pimpinan KPK masih harus mendengarkan terlebih dahulu penjelasan dari para penyidik yang pulang dari Kendari dan Baubau.

“Belum tahu (jadwal pemeriksaan Nur Alam, red). Pimpinan harus dengarkan dulu penjelasan dari penyidik yang baru balik dari Kendari dan Baubau,” jelas komisioner asal Sultra ini.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan pasca pemeriksaan sejumlah saksi di Kendari dan Baubau selanjutnya hasil pemeriksaan itu akan dirampungkan dan segera dilakukan pemeriksaan terhadap Nur Alam dalam waktu dekat. “Nanti segera akan dilakukan pemeriksaan (Nur Alam, red) Insya Allah tidak lama lagi,” singkatnya. (hrm/Fajar)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top