Barca Depak Real Madrid dari Posisi Kedua Klasemen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Barca Depak Real Madrid dari Posisi Kedua Klasemen

47550_66197_Athletic Bilbao v FC Barcelona - ANDER GILLENEA  AFP

FAJAR.CO.ID, Barcelona melanjutkan tren positif awal musim. Setelah Real Betis dikalahkan dengan skor telak pada pekan lalu, giliran Athletic Bilbao yang menjadi korban pada laga di Stadion San Mames, Senin (29/8) dini hari WIB.

Namun, pada laga kali ini Barcelona tidak menang telak seperti pekan lalu. Mereka cuma menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol semata wayang Ivan Rakitic pada babak pertama.

Padahal, El Barca masih tak diperkuat Neymar yang tengah menjalani liburan usai memperkuat Timnas Brasil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Namun, mereka masih bisa mengandalkan kreativitas dan ketajaman Lionel Messi, Luis Suarez, yang dibantu Arda Turan.

Meski tampil di bawah serangan suporter lawan, tim asuhan Luis Enrique itu masih mampu mendominasi permainan.

Hanya butuh waktu 21 menit bagi Barca untuk memecahkan kebuntuan. Gawang tuan rumah kawalan Gorka Iraizoz langsung bergetar setelah Rakitic sukses menyambut umpan silang Turan lewat sundulannya.

Unggul satu gol tak membuat pasukan Blaugrana puas. Mereka tetap berjuang untuk mendapatkan gol tambahan. Salah satu peluang didapat pada menit ke-35. Namun, peluang yang berawal dari tendangan bebas Messi masih gagal dimanfaatkan Samuel Umtiti.

Bilbao juga memiliki cukup banyak peluang. Salah satu ancaman mereka sempat dilancarkan di menit 41. Akan tetapi, tendangan Benat Etxebarria dari luar kotak penalti masih bisa diamankan kiper  Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona juga kembali memiliki peluang emas di menit 45. Turan yang sudah berdiri bebas setelah menerima umpan Messi justru gagal menceploskan bola. Tendangan Turan mengarah ke sisi kanan gawang Bilbao.

Sayang, pertarungan sengit kedua tim tak menghasilkan gol tambahan di sisa waktu. Keunggulan 1-0 Barca atas Bilbao tetap bertahan hingga wasit Antonio Mateu meniup peluit tanda turun minum.

Pada babak kedua, jual beli serangan tak terhindari. Barcelona memang masih mendominasi penguasaan bola, tapi Bilbao beberapa kali mengancam melalui serangan balik.

Menurut statistik, Barcelona tampil mendominasi jalannya laga dengan memiliki 63 persen penguasaan bola berbanding 37 milik Bilbao. Pasukan Luis Enrique itu juga sukses memiliki 12 percobaan yang tiga di antaranya akurat.

Namun, upaya kedua tim untuk mencetak gol pada babak kedua ini tak membuahkan hasil. Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan. Barcelona sukses mengoleksi 6 poin dari dua laga perdana.

Berkat kemenangan ini, Barcelona menggeser Real Madrid di posisi kedua klasemen. Sementara itu, Bilbao berada di urutan ke-18. Adapun posisi puncak diduduki Las Palmas.

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Gorka Iraizoz; 4-Aymeric Laporte, 2-Eneko Boveda, 24-Mikel Balenziaga, 18-Oscar de Marcos, 5-Javier Eraso (22-Raul Garcia 62′), 7-Benat, 8-Ander Iturraspe (12-Mikel Vesga 62′), 14-Markel Susaeta (10-Iker Munianin 76′), 11-Inaki Williams; 20-Aritz Aduriz. 
Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre Ter Stegen; 20-Sergi Roberto, 23-Samuel Umtiti (14-Javier Mascherano 71′), 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 5-Sergio Busquets, 5-Denis Suarez (21-Andre Gomes 71′), 4-Ivan Rakitic; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 7-Arda Turan (12-Rafinha 84′).
Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

(ira/JPG)

loading...
Click to comment
To Top