SIMAK! Ini Motif Bom Gereja Medan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

SIMAK! Ini Motif Bom Gereja Medan

Pelaku-Bom

FAJAR.CO.ID, MEDAN – Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumut, Kombes Nur Fallah membeberkan motif  Ivan Armadi Hasugian (IAH), pelaku bom percobaan bunuh diri di Gereja Katolik Santo Yosep, Medan,

Fallah menyebutkan, pelaku Ivan disuruh oleh seseorang. Sayang, ditanya lebih rinci oknum yang menyuruh pelaku, Fallah enggan membeberkannya.

“Sampai saat ini, menurut keterangan pelaku, dia disuruh seseorang. Sampai saat ini belum kita ketahui inisialnya,” kata dia dilansir Sumut Pos (Fajar Group), Senin (29/8).

Disinggung apakah pelaku disuruh oknum dengan bayaran sejumlah uang, Fallah pun enggan berkomentar. “Motifnya rencana mau melakukan pembunuhan kepada pastor. Sudah aman sekarang,” kata dia.

Menurut dia, polisi akan melakukan pengamanan kepada sejumlah gereja yang ada di Kota Medan.

Katanya lagi, barang bukti sementara yang diamankan adalah sepeda motor, pisau dan ransel yang diduga untuk membawa bom tersebut.

“Ada pakaian juga di dalam ranselnya itu. Tidak ada berserakan. Itu yang diledakkan yang dalam tas. Ada satu yang meledak. Tidak ada luka bakar, korban hanya luka tusuk,” tandas Fallah.

Informasi diterima Sumut Pos (Fajar Group), saat itu ibadah Misa dimulai di Gereja terssebut sekira pukul 08.00 WIB.

Saat itu, ada sekitar 500 lebih jemaat gereja mengikuti ibadah misa. Namun, sekitar 30 menit ibadah berlangsung, percikan api muncul dari sebuah tas ransel yang disandang Ivan Armadi Hasugian. Seketika jemaat gereja berhamburan keluar gedung.

“Saya berjarak sekitar 20 meter dari anak itu. Saya lihat anak itu kok malah lari ke arah Pastur. Saya lihat di tangannya bawa pisau,” ungkap Ananta Ginting, seorang jemaat ketika ditanyai Polisi di kafe yang berada tepat di seberang gereja. (amr/adz/iil/JPG)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top