Buntut Kerusuhan, Kapolres Meranti Dicopot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Daerah

Buntut Kerusuhan, Kapolres Meranti Dicopot

Brigjen Agus Rianto

FAJAR.CO.ID, MERANTI – Kapolda Riau Brigjen Supriyanto langsung melakukan rotasi usai rusuh di Polres Meranti. Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Asep Iskandar dinonaktifkan per 27 Agustus 2016. Jabatan yang ditinggalkan Asep diisi oleh AKBP Barliyansyah yang merupakan perwira dari Polda Riau.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri, Brigjen Agus Rianto mengatakan mantan Kapolres Meranti itu dimutasikan ke Polda Riau. “Sekarang dia dimutasikan ke Polda Riau,” kata Agus di Mabes Polri, Selasa (30/8).

Penggantian AKBP Asep Iskandar sendiri menurut Agus karena dianggap tidak cakap dalam memimpin di saat insiden di Polres Meranti.

“Kemarin Kapolresnya sudah diganti karena dianggap beliaunya tidak cakap memimpin diganti untuk lebih memudahkan dalam proses penanganan lebih lanjut,” katanya.

“Di sana (Meranti) sudah dilakukan mediasi, Pak Kapolda sudah ke sana pemda sudah di sana menangani, mudah-mudahan tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” timpal dia.

Untuk diketahui kerusuhan di Polres Meranti berawal dari kasus pembunuhan anggota Polres Meranti Brigadir Adil S Tambunan oleh Tenaga Honorer Pemkab Meranti Apri Adi Pratama (24) Kamis 25 Agustus 2016. Pembunuhan ini diduga kuat karena persoalan asmara.

Atas kejadian tersebut, anggota Polres Meranti melakukan pengejaran terhadap Apri. Ketika dilakukan penangkapan, diduga ada upaya perlawanan menggunakan senjata oleh Apri. Sehingga anggota mengambil tindakan melumpuhkanyadengan senjata api. Setelah dilumpuhkan anggota berusaha memberikan perawatan namun nyawa Apri tidak tertolong dan tewas dalam perjalanan.

Akibat tewasnya Apri, beredar informasi di tengah masyarakat Apri dianiaya polisi. Alhasil masyarakat beramai-ramai mendatangi kantor Polres Meranti.

Hingga buntutnya terjadi kerusuhan dan menyebabkan nyawa seorang masyarakat sipil bernama Isrusli melayang. Usai insiden itu penyidik telah menetapkan tiga anggota polisi dari Polres Meranti sebagai tersangka. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top