DPR Minta Kemenkes Serius Antisipasi Virus Zika – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kesehatan

DPR Minta Kemenkes Serius Antisipasi Virus Zika

Virus Zika

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Virus Zika dikhawatirkan akan masuk ke Indonesia. Pasalnya virus itu telah tersebar ke Singapura.

Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati meminta Kementerian Kesehatan untuk serius mengantisipasi virus tersebut. Apalagi virus itu sudah menyebar ke Singapura yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Sejauh ini dia melihat Kemenkes belum bersikap yang jelas terhadap kemungkinan penyebaran virus yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala kecil (mikrosefalus) itu.

Politikus PPP itu berharap agar ancaman itu tidak dipandang biasa saja.

“Kan sudah dekat itu artinya sudah membahayakan kita. WHO regional Asia Pasific juga sudah memberikan peringatan betapa bahayanya virus ini di regional kita,” tegasnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8).

Virus Zika, kata politikus dari kalangan selebritis itu, tidak bisa dianggap sebelah mata. “Karena virus ini cukup mematikan. Terutama bagi ibu-ibu hamil. Apalagi diketehaui angka kematian umum tingkat melahirkan juga tinggi,” terangnya.

Dia mengimbau agar alat deteksi virus disebarkan di seluruh pelabuhan maupun bandara. Tak luput, jemaah haji yang baru pulang dari Arab Saudi nanti perlu dilakukan pengecekan kesehatan.

“Terutama yang pulang haji dulu. Virus zika jalannya juga dari sana,” ucap Okky.

Mengantisipasi virus ini lebih dulu masuk, Kemenkes juga meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama soal infeksi virus Zika yang terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti.

Program-program Kemenkes seperti kelambu gratis, 4 M (menguras, menutup, mengubur, dan memantau) juga perlu digalakkan. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top