Fadli Zon Tak Setuju Akom Gagas Sekolah Parlemen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Politik

Fadli Zon Tak Setuju Akom Gagas Sekolah Parlemen

fadli zon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pimpinan DPR tidak satu suara terhadap wacana pembentukan sekolah parlemen. Penolakan datang dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

“Saya terus terang nggak setuju yah dengan gagasan sekolah parlemen, karena parlemen bukan tempat sekolah, DPR ini tempat mengambil keputusan semua,” tegasnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8).

Kata dia, untuk pemantapan para calon legislatif, menjadi tugas dari partai politik walaupun platformnya berbeda-beda. “Jadi DPR ini bukan tempat belajar, tempat belajar itu di universitas, di parpol, dalam sekolah kader,” sebutnya.

Dia lebih menyarankan agar dibentuknya workshop untuk memberi pemahaman terhadap pengawasan anggaran, kinerja pemerintah, maupun pembuatan undang-undang.

“Tapi kalau sekolah parlemen ya nggak lah, nggak ada di seluruh dunia sekolah parlemen. Jadi, saya secara pribadi tidak sependapat dengan sekolah parlemen,” pungkas politikus Gerindra itu.

Sebelumnya, Ketua DPR Ade Komarudin menggagas dibentuknya sekolah parlemen. Langkah ini diyakini akan meningkatkan kualitas para anggotanya  sebagaimana  yang diharapkan masyarakat. Baik fungsi sebagai pembuat undang-undang, penyusun APBN, dan fungsi pengawasan.

Sekolah parlemen nantinya berlaku pula bagi anggota DPRD tingkat I (provinsi) dan tingkat II (kabupaten/kota). Bahkan, para calon legislatif. Sejauh ini, Akom mengaku bahwa gagasannya itu masih dalam kajian mendalam. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top