Fenomena Bulan Kembar, Benar Atau Hoax? Berikut Penjelasannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Fenomena Bulan Kembar, Benar Atau Hoax? Berikut Penjelasannya

hqdefault

FAJAR.CO.ID, Fenomena ‘bulan kembar’ kembali menghebohkan jagad maya. Ya, Salah satu pesan berantai tentang penampakan Planet Mars yang dekat dengan bumi beredar, Begini kuranglebih bunyi pesannya:

Fenomena BULAN KEMBAR

29 Agustus 2016 (nanti malam)* akan ada *dua rembulan.* Seluruh dunia sedang menunggu kejadian ini..

Pada malam itu, *Planet MARS akan sangat cerah seperti rembulan*

dan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Mars akan berjarak  34,65 M Mil jauhnya dari bumi.*

Untuk itu jangan lupa melihat fenomena alam ini

Pada 28/8-2016 (Senin) jam 12.30 malam atau 00:30.*

(Nanti malam)

Karena Anda akan melihat dua bulan di langit.

Peristiwa ini hanya akan terjadi lagi pada tahun 2287                                

Silahkan berbagi ini dengan semua. Karena orang2 yang hidup sekarang tidak akan pernah mempunyai kesempatan lagi utk melihat kejadian ini”

Melihat pesan berantai tersebut, seorang astronom tanah air Ma’rufin Sudibyo menjelaskan pada laman facebooknya, bahwa kabar berantai yang selalu ada setiap tahunnya menjelang bulan agustus adalah berita Hoax. Menurutnya, kabar ini seperti ritual tahunan yang telah ada semenjak tahun 2003 silam. Berikut penjelasannya: 

1. Pada 29 Agustus 2016 TU Mars akan terbenam (di kaki langit barat) sekitar pukul 00:00 WIB. Sementara Bulan baru akan terbit (di kaki langit timur) pada sekitar pukul 04:00 WIB dinihari. Jadi ada empat jam sendiri dimana langit malam (yang sudah memasuki tanggal 30 Agustus 2016 TU) tak dihiasi Mars maupun Bulan.

2. Seterang-terangnya Mars (yang dsebut Mars purnama dan hanya terjadi pada saat oposisi dan pada saat berada pada titik terdekat dengan Bumi), masih kalah terang dibanding Bulan. Perbandingannya, bahkan pada saat Bulan sabit kecil sekalipun (yang umumnya pada tanggal 2 Qomariyah/Hijriyyah) yang bagi kita manusia masih cukup redup, sesungguhnya ia (Bulan) sudah 6 hingga 16 kali lebih terang dari Mars purnama. Apalagi jika pada saat Bulan purnama.

Jadi maaf, tidak ada “Bulan kembar” atau “Mars seterang Bulan” pada malam ini. Bagi saya, “Bulan kembar” merupakan fabrikasi atau mutasi isu dari kabar-bohong yang telah bergentayangan di dunia maya dalam 13 tahun terakhir dan selalu terjadi menjelang bulan Agustus berakhir. Yakni soal “Mars sebesar Bulan”. (fajar)

 

BACA:  Uji Teknologi untuk Kirim Manusia, NASA Kembali Luncurkan Pesawat ke Mars
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top