Besok, Gerhana Matahari Cincin Lintasi Bengkulu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Interest

Besok, Gerhana Matahari Cincin Lintasi Bengkulu

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin

FAJAR.CO.ID, BENGKULU – Setelah Gerhana Matahari Total (GMT), warga Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena alam, yakni Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Namun gerhana ini baru dipastikan dapat disaksikan secara kasat mata di daerah Bengkulu. Tepatnya besok, Kamis (1/9), pukul 17.53 WIB.

“Dari hasil rilis dari BMKG, 1 September GMC akan lintasi langit Bengkulu,” ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman, saat dilansir Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group), Rabu (31/8).

Litman menjelaskan, kontak pertama GMC 1 September 2016 yang terjadi pada pukul 17.53 WIB tersebut selanjutnya menyebar ke daerah lainnya.

Menariknya bagi warga bisa berlama-lama menikmati fenomena alam ini, karena GMC berlangsung selama 30 menit pada dataran tinggi.

Posisi GMC terlihat pada bagian barat saat terbenamnya matahari. GMC juga akan terlihat sedikit tertutup, dimana pada alat deteksi dari BMKG melihat matahari akan sedikit berawan.

“Kalau melihat dari pantauan kita, posisi sore itu matahari sedikit tertutup awan. Mudah-mudahan tidak hujan,” tambahnya.

Disebutkan Litman, cara menyaksikan GMC berbeda dengan GMT. Untuk dapat dilakukan secara kontak mata atau dilihat secara langsung.

Semenasra GMT harus menggunakan pelindung mata saat melihatnya. Karena selama gerhana itu berlangsung, terdapat pantulan sinar infra violet. Sinar itu dapat menimbulkan kerusakan mata.

“Kondisi memang sore, jadi tidak seperti GMT yang terjadi pagi menjelang siang hari,” tambah Litman. (151/iil/JPG)

BACA:  GMT Kenalkan Wisata Pendidikan dan Astronomi
loading...
Click to comment
banner advertise
To Top