Bu Menkeu Tolong Jangan Pangkas Tunjangan Profesi Guru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Politik

Bu Menkeu Tolong Jangan Pangkas Tunjangan Profesi Guru

Guru Demo

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Komisi XI DPR mendesak Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) agar mengawal anggaran tunjangan profesi guru (TPG) sebesar Rp 23,4 triliun itu. Sebab, Kemenkeu rencananya akan memangkas TPG demi penghematan anggaran.

“Ini jumlah yang tidak sedikit, makanya kita minta ini diperhatikan secara serius,” ujar anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate Johnny di ruang rapat Komisi XI Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

SMI hadir digedung DPR, Senayan Jakarta, dalam rangka menggelar rapat kerja untuk membahas perkembangan program pengampunan pajak atau tax amnesty dan pemangkasan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Perubahan 2016.

Johnny yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu menambahkan, pihaknya juga akan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit ulang terhadap anggaran TPG pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya dia menduga ada oknum yang dengan sengaja mempermainkan jumlah anggaran itu.Ke mana dana itu digunakan sebelumnya, dan BPK juga akan kita minta melakunan reaudit mundur,” tegasnya.

Sebelumnya Menkeu Sri Mulyani memutuskan untuk menunda pengucuran dana transfer ke daerah pada APBNP 2016 sebesar Rp 72,9 triliun. Dari jumlah itu, Rp 23,3 triliun merupakan dana TPG untuk seluruh Indonesia melalui dana transfer khusus (DTK).

Seperti diketahui, pemerintah sedang melakukan penghematan besar-besaran untuk mencegah melebarnya defisit dana anggaran APBN-P 2016. Pada APBN-P 2016, total dana anggaran tunjangan profesi guru sebesar Rp 69,7 triliun.

Namun, berdasarkan penelusuran Kemenkeu atas anggaran dana transfer ke daerah tahun anggaran 2016, sebesar Rp 23,3 triliun ternyata merupakan dana yang over budget atau berlebih. Sebab, dana anggaran guru yang tersertifikasi ternyata tidak sebanyak itu.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top