Diseleksi dari 23 Ribu Pendaftar, 3000 Guru Siap Mengajar di Garis Depan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Diseleksi dari 23 Ribu Pendaftar, 3000 Guru Siap Mengajar di Garis Depan

Suhendi, guru honorer mengajar di kelas jauh SD Kuta Karang 3, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (21/11). Sekolah ini kekurangan guru karena lokasinya terpencil sehingga tidak banyak guru yang berminat mengajar di tempat ini.

Kompas/Yuniadhi Agung (MYE)
21-11-2015

Untuk Liputan Guru

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga ribu guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T), resmi dilepas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pelepasan para pejuang pendidik itu dilakukan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata.

Namun, upacara pelepasan kali ini dilakukan secara daring atau konferensi video langsung dari kantor Kemendikbud dan terkoneksi ke beberapa Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menjadi tempat pelatihan guru-guru tersebut.

“Ini adalaha tahun keenam penyelenggaraan SM-3T, Kemendikbud bekerja sama dengan LPTK melakukan seleksi tidak kurang dari 23 ribu sarjana pendidikan yang telah mendaftar,” ujar Pranata, Rabu (31/8).

Dari 23 guru, akhirnya terpilih tiga ribu peserta yang akan ditempatkan di 56 kabupaten dan 21 provinsi di Indonesia.

Nantinya, lanjut Pranata, para guru tersebut akan mengajar selama satu tahun dan menjadi ujung tombak kemajuan pendidikan di daerah 3T.

“Sebelum penempatan di daerah 3T, terlebih dahulu diberikan pelatihan prakondisi yang diselenggarakan di 12 LPTK,” kata Pranata.

12 LPTK tersebut adalah Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Malang.

Selain itu, ada juga Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Makassar, Universitas Gorontalo, dan Universitas Syiah Kuala.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top