Hakim MK Sahkan Gugatan Ahok, Tunggu RPH – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Hukum

Hakim MK Sahkan Gugatan Ahok, Tunggu RPH

24170_42266_ahok jawapos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mengesahkan materi gugatan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Didampingi staf ahlinya,  Ahok membacakan kembali materi gugatan yang telah diperbaiki sekitar satu jam di dalam ruang persidangan .

Hakim Ketua Anwar Usman menyatakan bahwa materi gugatan yang telah diperbaiki orang nomor satu di DKI itu dinyatakan sah dan akan ditindaklanjuti. “Materi gugatan dinyatakan sah,” ujarnya, Rabu (31/8).

Meski demikian, Anwar menyampaikan bahwa  materi yang telah diajukan pemohon  belum bisa diputuskan saat itu juga.

Menurutnya,  MK memiliki  sistem dalam  melanjutkan pembahasan materi gugatan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) sebelum mengambil keputusan. “Kelanjutan (pembahasan materi) akan dibawa  ke RPH,” imbuhnya.

Untuk diketahui, RPH memiliki sifat tertutup dan tidak bisa disaksikan publik. Rapat ini hanya dapat diikuti oleh Hakim konstitusi dan Panitera.

Dalam rapat inilah,  perkara dibahas secara mendalam dan rinci serta putusan MK diambil yang harus dihadiri sekurang-kurangnya tujuh hakim konstitusi. Pada saat RPH, Panitera mencatat dan merekam setiap pokok bahasan dan kesimpulan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Senin (22/8) lalu, Ahok menjalani sidang pertama di MK ihwal gugatannya menguji Undang-undang (UU) Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada yang mengharuskan petahana mengambil cuti kampanye.

Namun sayangnya, hakim memutuskan menunda persidangan karena isi meteri gugatan yang diajukan Ahok belum lengkap.

Adapun Ahok merasa keberatan mengambil cuti kampanye sebagai seorang petahana sekaligus calon gubernur. Bukan bertujuan untuk menghapus uu tersebut, tetapi ia ingin mengajukan permohonan agar tidak cuti dengan alasan menjaga pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).  (uya/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top