Nur Alam Lantik Kepala Daerah ke-34 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Daerah

Nur Alam Lantik Kepala Daerah ke-34

Pelantikan Pj Bupati Bombana Sitti Saleha

FAJAR.CO.ID, KENDARI—Gubernur Sultra, Dr H Nur Alam SE MSi secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Hj Sitti Saleha sebagai Pj Bupati Bombana pada pukul 11.40 Wita, Rabu (31/8/2016). Sitti Saleha adalah kepala daerah ke-34, baik bupati, walikota dan Pj bupati  yang dilantik oleh Gubernur Nur Alam selama sembilan tahun berjalan memimpin Sultra.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan surat keputusan (SK) Mendagri No. 131-6195 tentang Pengangkatan Pj Bupati Bombana Sultra.Dalam tugas SK Mendahri itu juga menyebutkan uraian tugas Pj bupati yang dilantik yakni, menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Bombana, memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada Bombana, dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara. Mendagri juga melarang Pj Bupati melakukan mutasi pegawai kecuali setelah mendapat persetujuan Mendagri. Selama melaksanakan tugas sebagai Pj bupati harus tetap menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama

Gubernur Nur Alam dalam arahannya mengingatkan kembali apa yang menjadi arahan Mendagri. Khusus terkait pelarangan mutasi, gubernur menyatakan mutasi bukan sesuatu yang haram, mutasi merupakan suatu proses dalam pemerintahan, tetapi deskresi itu tidak bisa diekspresikan secara apsolut, mengingat regulasi yang mengatur soal itu sudah diatur dengan baik terutama konsultasi kepada Mendagri.

“Bila ada yang tidak taat dan tidak patut, maka tentu pengusulan mutasi bisa dilakukan. Sebab,  tidak mungkin kita bisa melaksanakan tugas dengan baik bila tidak didukung oleh aparat, maka saya kira tinggal kita rumuskan dan mengkonsultasikan dengan baik,” kata Nur Alam, yang dalam sambutannya banyak mengulas terkait tata cara berpemerintahan.

Kehadiran gubernur di acara pelantikan ini memang cukup dinantikan oleh para tamu undangan. Terbukti, begitu memasuki ruang pelantikan gubernur langsung mendapat applaus dari para undangan. Saat gubernur memberikan sambutan para undangan begitu menyimak, bahkan ada yang larut terbawa perasaan haru sehubungan posisi gubernur yang ditersangkakan oleh KPK terkait satu izin tambang yang diterbitkannya di Bombana. Seusai gubernur memberikan sambutan tepuk tangan para tamu undangan begitu bersemangat.

Seusai melantik gubernur kemudian member ucapan selamat lalu ke ruang kerjanya untuk melaksanakan tugas-tugas yang selama sepekan ditinggalkannya sehubungan tengah mengikuti ujian program doktor di Universitas Negeri Jakarta. (KP)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top