Pemuda Muhammadiyah: Tax Amnesty Dibuat untuk Ampuni Dosa Koruptor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

Pemuda Muhammadiyah: Tax Amnesty Dibuat untuk Ampuni Dosa Koruptor

tax amnesty

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menilai sejak awal proses penyusunannya, Undang-Undang Tax Amnesty mengandung permufakatan yang tak baik.

“Ada itikad tidak baik dana sejak awal kami sudah melihatnya,” ujar Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Rabu (31/8).

Menurut Dahnil, Tax Amnesty pada awalnya diarahkan untuk mengampuni dosa-dosa koruptor dan diduga lahir sebagai barter terhadap batalnya revisi terhadap UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain pemufakatan tak baik, kehadiran undang-undang ini kata Dahnil, pada paraktiknya juga dinilai malah memberatkan masyarakat dan pengusaha kecil menengah.

UU Tax Amnesty, menurut Dahnil, sangat bertolak belakang dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, yang berfikir bahwa UU itu dimaksudkan untuk menyasar para pengemplang pajak yang notabene merupakan pengusaha besar.

“PP Pemuda Muhammadiyah menduga Pak Jokowi tak memahami secara detail (UU Tax Amnesty,red). Karena fakta di lapangan, yang merasa terancam justru mereka yang patuh bayar pajak, terutama kelompok usaha kecil dan menengah,” ujar Dahnil.

Menurut Dahnil, presiden tidak tahu secara detail, karena laporan yang disampaikan anak buahnya di tingkat operasional, berbeda dari pemahaman yang dimaksudkan dari kelahiran UU Tax Amnesty.

“Kami putuskan akan segera mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun langkah tersebut baru akan kami lakukan setelah melihat terlebih dahulu hasil dari judicial review yang diajukan (kelompok lain,red) ke MK,” ujar Dahnil.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top