Racun yang Bunuh Mirna Bukan Cairan, Tapi… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Kriminal

Racun yang Bunuh Mirna Bukan Cairan, Tapi…

180548_989495_jessica_sidang_baru_thumb

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ahli Forensik dan Medikolegal dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Budi Sampurna mengatakan, racun sianida yang digunakan pelaku pembunuh Wayan Mirna Salihin bentuknya kristal putih.

Sebab, sianida yang berbentuk cairan,  sangat kecil kemungkinannya digunakan ke dalam kopi karena sifatnya yang mudah menguap.

“Pada kasus ini bentuknya (sianida) garam dan bentuknya semacam kayak kristal putih,” kata Budi yang dihadirkan sebagai saksi ahli  dalam sidang perkara kematian Mirna dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, di PN Jakarta Pusat, Rabu (31/8).

Budi melanjutkan bahwa efek racun sianida mampu membunuh nyawa manusia dalam waktu dekat. Di samping itu, sianida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk industri tambang, juga percetakan.

“Sianida itu racun ekstrim toksit dan itu akan menghasilkan kematian sangat cepat,  hitungannya menit. Maka korban racun sianida ini cepat sekali,” jelas Budi.

Budi menerangkan, karena sifat sianida yang mudah menguap, maka kecil kemungkinan sianida bisa bertahan dalam darah. 

“Racun dalam darah itu bergantung pada apa yang dimakan dan diminum oleh seseorang.‎ Sianida ‎itu racun dan umumnya tidak ada dalam darah, mungkin di dalam lambung, iya,” ucapnya. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top