UU Tax Amanesty Digugat di MK, Sri Mulyani: Itu Tidak Masalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Nasional

UU Tax Amanesty Digugat di MK, Sri Mulyani: Itu Tidak Masalah

Indonesian Finance Minister Sri Mulyani Indrawati speaks during a news conference in Jakarta May 21, 2008. Indrawati said on Wednesday a plan to hike fuel prices by an average of 28.7 percent is "largely final".   REUTERS/Supri   (INDONESIA)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak (tax amnesty) kini dalam proses uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Salah satu pihak yang menggugat UU Tax Amnesty adalah praktisi hukum Sugeng Teguh Santoso dari Yayasan Satu Keadilan.

Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) mengaku tidak mempermasalahkan hal itu dan akan berkoordinasi untuk mempertahankan ketentuan-ketentuan dalam UU Tax Amnesty yang sedang digugat karena dianggap melanggar Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. .

“Sebaiknya ditangani secara terkoordinasi aja ya mengenai masalah itu (gugatan UU Tax Amnesty),” ujar Sri di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Sebelumnya Sugeng menyatakan, UU Tax Amnesty bertentangan dengan konstitusi. Menurutnya, ada 11 pasal dalam UU Tax Amnesty yang digugat ke MK.

Pasal-pasal yang dipersoalkan itu bertumpu pada pasal 1 ayat 1 UU Tax Amnesty. Dalam pasal itu disebutkan, pengampunan pajak diberikan tanpa ada sanksi administrasi dan pidana.

Sugeng menyebut ketentuan itu bertentangan dengan konstitusi, yakni Pasal 23 A UUD 1945 yang mendasari pajak dan pungutan lainnya. Selain itu, UU Tax Amnesty juga bertentangan dengan Pasal 28 D ayat 1 UUD 1945 tentang jaminan perlakuan yang sama di depan hukum. (Jpnn/Fajar)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top