Inflasi Agustus Terkendali, Harga Pangan Stabil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ekonomi & Bisnis

Inflasi Agustus Terkendali, Harga Pangan Stabil

PICU INFLASI: Seorang ibu sedang memilah pakaian di pusat perbelanjaan di Kota Mataram, akhir pekan lalu.Di NTB kelompok sandang penyumbang inflasi sebesar 0,79 persen.

FAJAR.CO.ID, Kebutuhan pokok di Bulan Agustrus relatif terkendali, dengan ramalan 0,06 persen secara bulanan. Hal ini dikatakan Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Damhuri Nasution.

“Prediksi inflasi Agustus 0,06 persen secara bulanan (MoM) dan 2,8 persen secara tahunan (YoY). Inflasi bulan lalu terjaga karena harga kebutuhan pokok daging telur ayam, cabai, bawang, dan lainnya relatif stabil,” kata Damhuri saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Relatifnya harga sembako dan bahan pangan pada dua bulan terakhir dikatakan Nasution, setelah melewati perayaan Hari Raya Idul Fitri di Juli lalu, Harga barang dan jasa kembali normal.

BACA:  Korsel Siap Jadi Raksasa Ekonomi Asia

Tekanan inflasi, lanjutnya, hanya datang dari kelompok biaya pendidikan di periode Juli sampai September. Namun karena kontribusi inflasi dari pengeluaran ini relatif kecil terhadap inflasi secara umum, maka dampaknya tidak signifikan ke laju inflasi.

“Sumbangan kelompok pengeluaran pendidikan relatif kecil dari inflasi umum hanya 8,5 persen. Jadi tidak signifikan dampaknya,” tutur Damhuri.   (**)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top