IPB Desak Pemerintah Perhatikan Petani Karet – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Ekonomi & Bisnis

IPB Desak Pemerintah Perhatikan Petani Karet

images (8)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian, Institut Pertanian Bogor (KSKP IPB), Bogor, telah menyelenggarakan seminar yang berjudul “Revitalisasi Karet Alam Untuk Pengembangan Ekonomi Pedesaan Dan Daya Saing Bangsa,” yang bertempat di IPB International Convention Center, Botani Square, Bogor, Kamis (1/9).

Salah satu hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan seminar ini adalah kondisi masyarakat petani karet yang masih sangat terpuruk akibat penurunan harga karet hingga lebih dari 70% dalam lima tahun terakhir.

Disisi lain, belum terlihat adanya arahan kebijakan yang jelas dari pemerintah, setidaknya yang dapat memberikan harapan bagi para keluarga petani karet.

Karet alam merupakan komoditi strategis karena merupakan bahan baku untuk berbagai produk manufaktur, mulai dari produk rumah tangga hingga produk industri, seperti komponen otomotif.

Karet alam juga merupakan sumber mata pencaharian bagi 2,5 juta keluarga petani yang merupakan 85% penghasil karet alam nasional. Pengembangan sektor karet alam secara produktif adalah juga peningkatan kesejahteraan perekonomian pedesaan sekaligus pengurangan tingkat kemiskinan nasional.

Seminar ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai pelaku usaha dalam rantai nilai karet, mulai dari kelompok tani, pabrik karet remah yang mengolah hasil karet rakyat, hingga pabrik ban, sebagai industri hilirnya.

Turut serta dalam pembahasan dan sebagai pembicara pada seminar adalah perwakilan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan perwakilan dari pemerintah daerah, yaitu dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi – salah satu provinsi penghasil karet terbesar di Indonesia.

Diskusi dan pembahasan yang ikut diwarnai oleh kalangan akademisi IPB dan litbang pemerintah, pada intinya menekankan bahwa sekalipun mayoritas penjualan karet masih akan terus bergantung pada pasar ekspor, peluang perbaikan taraf hidup petani karet masih sangat besar di sektor hulu termasuk dalam rantai pasoknya.

Perbaikan ini hanya dapat direalisasikan dengan dukungan kebijakan pemerintah yang terarah dan besaran bantuan yang cukup signifikan, khususnya di bidang peremajaan pohon karet tua, perbaikan infrastruktur jalan pedesaan, dan sertifikasi lahan untuk kemudahan akses kredit.

Peserta seminar dari pelaku industri swasta menyampaikan kesiapannya untuk ikut terlibat langsung dengan kelompok-kelompok petani dalam mensukseskan program pemerintah yang bertujuan membawa perbaikan nyata dalam bidang-bidang tersebut.

Sementara, Para akademisi dan tenaga litbang juga menyatakan kesanggupan untuk membantu dalam pemikiran dan aplikasi berbagai inovasi hasil litbang.

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top