Korlantas Polri Kerjasama Lintas Instansi Kawal Mudik Idul Adha – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Korlantas Polri Kerjasama Lintas Instansi Kawal Mudik Idul Adha

mudik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Jajaran Korlantas Polri menggelar rapat bersama untuk membahas persiapan libur panjang menjelang Hari Raya Iduladha yang tiba pada 12 September mendatang.

Rapat tersebut diikuti sejumlah kementerian dan pihak-pihak terkait. Di antaranya, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Pihak Penyelenggara Jalan Tol (PPJT), TNI dan sejumlah stake holder lainnya.

“Akan memungkinkan mobilisasi orang dan barang seperti saat mudik kemarin. Meski jumlahnya tidak seperti mudik kemarin,” ujar Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto saat memimpin rapat di Gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/8).

Dalam rapat tersebut, Agung menekankan empat poin. Pertama, menambah seluruh personel dari kementerian, polisi, TNI untuk ditempatkan disejumlah titik.

“Paling tidak di titik-titik rawan kemarin (mudik lebaran),” kata Agung.

Kedua adalah aspek fasilitas, PPJT harus memasang babble room digital, yang berisikan pemberitahuan kepada pengendara soal situasi lalu lintas di depannya.

“Anggaplah seperti (macet) Brebes Timur, sekian kilometer di belakang pengendara sudah tahu kemacetan seperti di Palimanan. Sehingga pengendara dan petugas akan tahu langkah apa yang diperlukan,” sambung mantan Kapolda Kalsel ini.

Lalu ketiga ialah Pertamina menyangupi SPBU yang bersifat mobil di rest area yang belum ada SPBU. “Ini untuk membatu masyarakat kehabisan BBM di situ,” katanya.

Dan yang keempat, kata Agung, pemerintah daerah setempat sudah koordinasi mengantisipasi pasar tumpah guna kelancaran arus lalu lintas. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top