Libur Idul Adha, Menhub Batasi Kendaraan Melintas di Tol Brexit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

banner-oktober
Nasional

Libur Idul Adha, Menhub Batasi Kendaraan Melintas di Tol Brexit

MACET: Memasuki H-5 lebaran, Pintu keluar Tol Palimanan Kabupaten Cirebon mengalami kemacetan, Jumat (1/7). Kepadatan kendaraan yang akan melanjutkan perjalanan ke arah Jawa Tengah diprediksi akan terus berlanjut........ilmi yanfa unnas/radar cirebon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Belajar dari insiden tol Brebes Timur Exit (Brexit) pada hari raya Idulfitri lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan kebijakan dengan membatasi kendaraan melintas di jalan bebas hambatan tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku, tidak ingin kejadian pada arus mudik Idulfitri kembali terulang di libur Iduladha 1437 Hijriah ini.  Untuk itu, dia akan melakukan pembatasan kendaraan roda empat agar tak terjadi penumpukan.

“Kita akan melakukan suatu pembatasan bagi kendaraan. Kita akan melakukan rekayasa lalu lintas,” ujar Budi di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

Mantan Direktur Angkasa Pura II tersebut mengakui, pada Idulfitri 1437 lalu memang tidak adanya pembatasan kendaraan, sehingga terjadinya penumpukan yang akhirnya menyebabkan antrean panjang.

“Tidak adanya untuk membatasi kendaraan yang masuk,” katanya.

Adapun pembatasan itu dimulai dari pintu masuk tol Cikarang, Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya 17 orang pemudik meninggal dunia selama arus mudik Idulfitri 2016 di wilayah Kabubaten Brebes, Jawa Tengah. Korban itu meninggal diduga akibat terjebak macet di Tol Brebes Timur.

Jumlah tersebut diperoleh dari data resmi Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes yang dibenarkan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho. (cr2/JPG)

loading...
Click to comment
Fajar.co
To Top