Penasihat Kapolri Jadi Saksi Ahli, Ini Reaksi Kubu Jessica – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

1230x100
Kriminal

Penasihat Kapolri Jadi Saksi Ahli, Ini Reaksi Kubu Jessica

180548_989495_jessica_sidang_baru_thumb

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pihak terdakwa Jessica Kumala Wongso menolak kehadiran saksi ahli dalam bidang Kriminologi, Ronny Nitibaskara‎ yang dihadirkan jaksa penuntut umum, Kamis (1/9). Kesaksian Ronni bagi pihak Jessica, dinilai tidak objektif.

‎”Kami menolak kehadiran Ronny karena dua alasan. Bahwa Pak Ronny ini dulu juga pernah memeriksa Jessica. Artinya dia sudah membantu kepolisian, sehingga ada jarak hubungan antara Jessica dengan Pak Ronny. Independensi kami ragukan,” kata pengacara Jessica, Otto Hasibuan di depan Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

Selain itu, Ronny yang menjadi saksi ahli dalam kasus kematian Engeline Megawe‎ itu, juga dinilai sangat dekat dengan institusi Polri.

“Kedua, dia sendiri mengaku sebagai penasihat Kapolri. Dia di bawah perintah, maka keterangan dia tidak independen. Padahal keterangannya harus independen. Akan tidak tepat kalau dia jadi ahli. Kami keberatan,” tegas Otto.

Sementara itu, jaksa penuntut umum, Ardito Mawardi mengklaim, Ronny akan objektif dalam memberikan kesaksiannya. “Untuk menilai independensi bukan dilihat dari objeknya. Tapi dengan pengalamannya atau profesinya,” jelas Ardito.

Menanggapi itu, Ronny lantas angkat suara. Dia menjamin keterangannya akan objektif berdasarkan disiplin ilmunya. Dia juga mengakui, meski menjabat sebagai penasihat Kapolri Jenderal Tito Karnavian bidang kriminologi, tapi keterangannya terkait Jessica tetap berpijak pada keilmuannya.

‎”Para penasihat ahli harus berani mengkritik. Saya diperintah untuk mengikuti kasus Engeline di Bali. Saya kemudian datang ke Bali dan menjelaskan apa yang terjadi yang dilihat oleh saya secara objektif.

‎”Hasilnya keterangan saya sama dengan saksi yang dihadirkan oleh Majelis Hakim. Pendapat mereka sama dengan saya,” tambah dia.

Setelah terjadi cekcok antara jaksa, pengacara Jessica, dan saksi ahli, akhirnya hakim berembuk. “Setelah kami berembuk, kami akan mendengarkan keterangan ahli. Kami akan mencatat keterangannya dan mengesampingkan hal-hal yang bersifat subjektif‎,” tegas Kisworo. (mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
banner advertise
To Top